Banten

Parlemen

Politik

Hukum

Ekbis

Peristiwa

Olahraga

Calon Dewan

Nasional

Dunia

Gaya Hidup

Opini

Pentingnya Uji Kompetensi Guru Untuk Tingkatkan Kualitas Mengajar

Laporan: Lani Fahrudin
Rabu, 13 Maret 2024 | 19:07 WIB
Sekolah Islam Al Azhar BSD dan Al Azhar BSD @Metland menggelar Uji Kompetensi Guru. Foto: IST
Sekolah Islam Al Azhar BSD dan Al Azhar BSD @Metland menggelar Uji Kompetensi Guru. Foto: IST

RMBanten.com, Pendidikan - Sekolah Islam Al Azhar BSD dan Al Azhar BSD @Metland baru saja menggelar Uji Kompetensi Guru (UKG) yang diikuti sebanyak 128 guru baik itu guru TK, SD, SMP dan SMA.

Kepala Bagian Pendidikan Yayasan Muslim BSD, Lukman Hakim menjelaskan, sebagai tenaga profesional, guru dituntut untuk selalu mengembangkan diri sejalan dengan kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.

"Kondisi dan situasi yang ada menjadi sebab masing-masing guru memiliki perbedaan dalam penguasaan kompetensi yang disyaratkan. Inilah yang menjadi dasar perlu dilakukan Uji Kompetensi Guru (UKG) Al-Azhar BSD dan Al-Azhar BSD@Metland Tahun Pelajaran 2023/2024 untuk Guru Pemula dan Guru Pemenuhan Standar," ungkap Lukman dalam keterangannya, Rabu (13/3).

Lanjut Lukman, poin penting lainnya dengan diadakannya UKG ini juga nantinya akan berdampak kepada kualitas mengajar yang diberikan ke siswa.

"Ya ini juga meningkatkan kompetensi guru dan tenaga kependidikan dilihat dari Subject Knowledge dan Pedagogical Knowledge yang diharapkan akan berdampak pada kualitas hasil belajar siswa," ucapnya.

Lukman juga menegaskan, UKG juga digelar untuk mencapai Rencana Jangka Menengah (RJM) pelaksana Harian Yayasan Muslim BSD.

"Pemetaan kompetensi yang secara detail menggambarkan kondisi objektif guru dan menjadi acuan Pelaksana Harian dalam mengambil kebijakan terkait dengan materi dan strategi pembinaan yang dibutuhkan oleh guru," jelas Lukman.

Sementara itu, Officer Akademik Bagian Pendidikan Yayasan Muslim BSD, Arrizal Muhaemin Yunus menerangkan, jika mata pelajaran yang diujikan dalam UKG 2024 meliputi soal professional seluruh mata pelajaran menggunakan Computer Base Test.

"UKG dilaksanakan menggunakan Mode CBT secara daring dan semi daring menggunakan Aplikasi Penilaian Geschool," terang Arrizal.

Sedangkan, Officer Kesiswaan Bagian Pendidikan YMBSD, Melia Suyanti menambahkan, dengan adanya UKG ini, orang tua tak perlu khawatir mengenai kualitas guru di Sekolah Islam Al Azhar BSD dan Al Azhar BSD @Metland.

"Bahwa kegiatan UKG ini menjadi salah satu strategi mempertahankan dan meningkatkan kualitas pengajaran, sehingga siswa mendapatkan pembelajaran yang berkualitas serta orang tua murid semakin yakin mendaftarkan dan menyekolahkan putra-putrinya di Sekolah Islam Al-Azhar BSD dan Al-Azhar BSD @Metland," tutup Meli.rajamedia

Komentar: