Banten

Parlemen

Politik

Hukum

Ekbis

Peristiwa

Olahraga

Calon Dewan

Nasional

Dunia

Gaya Hidup

Opini

Raker Kesehatan Nasional 2024, Pemprov Banten Siap Kuatkan Sistem Kesehatan

Laporan: Iyan Sopian
Rabu, 24 April 2024 | 21:05 WIB
Presiden Jokowi membuka Raker Kesehatan Nasional 2024. (Foto: Dok Pemprov)
Presiden Jokowi membuka Raker Kesehatan Nasional 2024. (Foto: Dok Pemprov)

RMBANTEN.COM - Tangerang - Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar menghadiri acara Rapat Kerja (Raker) Kesehatan Nasional 2024 yang diselenggarakan oleh

 

Kementerian Kesehatan RI menggelar Rapat Kerja (Raker) Kesehatan Nasional 2024 di ICE BSD Convention Center, Kabupaten Tangerang, Rabu (24/4/).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka acara Rapat Kerja (Raker) Kesehatan Nasional itu. Acara sendiiri dihadiri oleh 38 Provinsi, 513 Kabupaten dan Kota serta seluruh direktur rumah sakit daerah se-Indonesia.

Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar yang hadir dalam acara itu mengungkapkan banyak hal yang diarahkan oleh Presiden Jokowi dalam sambutannya terkait dengan penguatan sistem kesehatan dalam rangka menuju Indonesia Emas 2045.

"Dari mulai kelengkapan fasilitas pelayanan kesehatan di RS milik Pemda, sampai penguatan sistem kesehatan yang terintegrasi antara Pemda dengan nasional. Karena Indonesia emas itu akan terwujud manakala generasi mudanya sehat dan cerdas," ujar Al Muktabar.

Diungkapkan Al Muktabar, dalam Rakernas ini dirumuskan agenda-agenda kebijakan yang terstruktur mulai dari pusat sampai daerah, pentahelix, serta swasta. Penguatan kesehatan itu menjadi tanggung jawab bersama, tidak hanya pemerintah semata.

"Masyarakat juga harus terus melakukan preventif untuk mewujudkan tingkat kesehatan individu dan keluarga yang kuat. Sebagaimana yang diarahkan oleh Bapak Menkes Budi G Sadikin dalam sambutannya tadi yang diantaranya adalah penguatan preventif itu penting sekali untuk dirumuskan dalam Rakernas ini,” jelasnya.

Menurut Al Muktabar, Rakernas dihadiri oleh para Kepala Dinas Kesehatan dan Bappeda serta para Direktur Rumah Sakit. Pasalnya, dalam melakukan formulasi perencanaan baik jangka panjang, menengah maupun pendek, dibutuhkan kolaborasi seluruh stakeholder.

"Ini momen yang sangat strategis, karena akan menentukan roadmap masing-masing daerah untuk menentukan kebijakannya,” katanya.

Lebih lanjut, kata Al Muktabar, Provinsi Banten, saat ini sedang fokus pada memperkuat tenaga kesehatan.

"Sedangkan untuk infrastruktur RS dan Puskesmas sudah semakin kita dekatkan kepada masyarakat, \" demikian tutup Al Muktabar melansir laman bantenprov.go.id.rajamedia

Komentar: