Banten

Parlemen

Politik

Hukum

Ekbis

Peristiwa

Olahraga

Calon Dewan

Nasional

Dunia

Gaya Hidup

Opini

Pj Walikota Tangerang: Silat Warisan Budaya Indonesia yang terus Mendunia

Laporan: Tim Redaksi
Sabtu, 02 Maret 2024 | 08:56 WIB
Pembukaan  Kejuaraan Silat Benteng Cisadane Championship 3 di Mall Balekota, Jumat, (1/3). (Foto: Dok Pemkot)
Pembukaan Kejuaraan Silat Benteng Cisadane Championship 3 di Mall Balekota, Jumat, (1/3). (Foto: Dok Pemkot)

RMBANTEN.COM - TangKot - Penjabat (Pj) Wali Kota Tangerang, Nurdin, membuka Kejuaraan Silat Benteng Cisadane Championship 3 di Mall Balekota, Jumat, (1/3). Tidak kurang 1300an atlet pencak silat yang memadati arena kejuaraan itu.

Dalam kesempatannya, Pj Wali Kota, mengapresiasi antusias para atlet dan perguruan silat yang berpartisipasi dalam kejuaraan yang juga dalam rangka menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-31 Kota Tangerang.

Sebelum membuka kejuaran silat Nurdin menyampaikan pantun: Anak kecil belajar silat, Sesudah besar menjadi juara, Sungguh bahagia mata melihat, Perguruan Silat di Kota Tangerang kompak semua.

"Masih dalam suasana menyemarakkan HUT Kota, masyarakat kembali disuguhkan dengan pergelaran besar yakni Kejuaraan Silat Benteng Cisadane Championship yang ke-3. Di mana hal ini tentunya menambah semarak perayaan HUT Kota dengan berbagai event yang berkualitas untuk masyarakat,"ujar Nurdi.

Kejuaraan silat sendiri diinisiasi oleh Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kota Tangerang dan diikuti oleh 27 perguruan silat se-Indonesia tersebut.

Nurdin, berharap, kejuaraan tersebut dapat semakin menambah minat dan semangat serta motivasi masyarakat khususnya generasi muda untuk melestarikan seni dan budaya lokal terutama pencak silat yang merupakan budaya asli Indonesia.

"Silat saat ini kan sudah ada di 71 negara dan ini bukti bahwa kebudayaan kita diapresiasi oleh negara lain. Oleh karena itu, kita harus terus mengembangkan semangat dan kebanggaan terhadap silat yang merupakan budaya asli Indonesia dengan event-event seperti ini," ujarnya.

Untuk itu, Nurdin, mengajak kepada seluruh masyarakat untuk terus mendukung dan menyemarakkan event-event yang diselenggarakan di Kota Tangerang.

"Kemarin pada perayaan HUT Kota, Pemerintah Kota Tangerang telah melaunching Calendar Event Kota, sehingga masyarakat dapat memperoleh informasi event-event apa saja yang dapat dikunjungi termasuk salah satunya Kejuaraan SBCC ini," demikian tutup Nurdin melansir laman resmi Pemkot Tangerang.

Sebagai informasi, Kejuaraan SBCC ke-3 tersebut diselenggarakan selama 3 hari dari tanggal 1-3 Maret 2024.rajamedia

Komentar: