Banten

Parlemen

Politik

Hukum

Ekbis

Peristiwa

Olahraga

Calon Dewan

Nasional

Dunia

Gaya Hidup

Opini

Acara 'Desak Anies' Sering Dicabut Mendadak, Ini Respon Anies Baswedan

Laporan: Tim Redaksi
Rabu, 24 Januari 2024 | 20:20 WIB
Capres nomor urut 1 Anies Baswedan soroti sering diccabutnya izin acara Desak Anies. (TangkapanLayar)
Capres nomor urut 1 Anies Baswedan soroti sering diccabutnya izin acara Desak Anies. (TangkapanLayar)

RMBanten.com  - Yogyakarta -  Demokrasi di Indonesia kapan mau maju, kalau prosedur yang sudah diikuti saja dibatalkan oleh kepentingan yang kita enggak tahu kepentingannya apa?.

Penegasan itu disampaikan Anies Baswedan menyoroti acara 'Desak Anies' yang perizinannya kerap dicabut mendadak. Teranyar, izin acara 'Desak Anies' edisi pendidikan yang rencananya digelar di kawasan Museum Diponegoro Sasana Wiratama, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), dicabut.

"Justru ini yang jadi masalah kapan kita mau maju demokrasinya kalau prosedur yang sudah diikuti dibatalkan oleh kepentingan yang kita enggak tahu kepentingannya apa," ujar Anies, di Yogyakarta, mengutip laman metrotvnews.com, Selasa (23/1).

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu, mengaku tak tahu lebih jauh soal alasan pencabutan izin 'Desak Anies' di Yogyakarta. Dirinya hanya heran karena awalnya berbagai syarat sudah dipenuhi tetapi izinnya mendadak dicabut.

"Lain kalau dari awal tidak diberi izin. Tapi kalau sudah ada izin berarti kan seluruh ketentuan sudah terpenuhi," ucap Anies.
 
Anies tak berpikir untuk protes. Anies hanya menekanan bahwa pentingnya menjaga nilai-nilai demokrasi dan menjujung pemberian kesempatan serta kesetaraan.

"Kita sudah mau move on pada acara berikutnya. Tapi jadi pelajaran bagi semuanya yuk kita beri kesempatan yang sama kesetaraan yang sama dan jadilah bagian yang bisa dicatat oleh sejarah sebagai penjaga demokrasi, penjaga konstitusi, jangan dicatat sebagai perusak demokrasi yang mencacatkan praktik konstitusi," jelas Anies.

Diketahui, Desak Anies edisi pendidikan rencananya digelar di kawasan Museum Diponegoro Sasana Wiratama pada Selasa, 23 Januari 2024. Namun, kegiatan tersebut dicabut izinnya dan diumumkan melalui unggahan akun Instagram @ubahbareng.

"Surat izin dari pengelola tempat udah kita pegang, sound lagi dipasang, tapi baru saja ditelepon bahwa izin dicabut! Tunggu lokasi penggantinya ya," tulis akun Instagram @ubahbareng.

Kemudian, akun tersebut mengumumkan bahwa lokasi dipindah ke Rocket Convention Hall, DIY. Desak Anies akan dimulai pukul 12.30 WIB.rajamedia

Komentar: