Banten

Parlemen

Politik

Hukum

Ekbis

Peristiwa

Olahraga

Calon Dewan

Nasional

Dunia

Gaya Hidup

Opini

Peluang NasDem Gabung Pemeritahan Prabowo Fifty-fifty, Anies Jawab Begini

Laporan: Tim Redaksi
Sabtu, 23 Maret 2024 | 08:16 WIB
Capres Nomor Urut 1 Anies Baswedan saat acara Desak Anies pada mas kampanye Pemilu 2024. (Foto: Repro)
Capres Nomor Urut 1 Anies Baswedan saat acara Desak Anies pada mas kampanye Pemilu 2024. (Foto: Repro)

RMBanten.com - Politik, Jakarta -  Calon Presiden nomor urut 1 Anies Baswedan menegaskan pihaknya tengah fokus pada gugatan sengketa hasil Pilpres 2024 di Mahkamah Konstitusi (MK).

Pernyataan itu disampaikan Anies menjawab pertemuan antara capres nomor urut 2 yang dinyatakan menang oleh KPU, Prabowo Subianto mendatangi Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh.

Dalam pertemuan itu, Surya Paloh, bicara soal peluang Nasdem bergabung ke Koalisi Indonesia Maju (KIM) pengusung Prabowo-Gibran. Paloh menyebut, peluang gabung ke koalisi Prabowo-Gibran itu 50:50.

Anies sendiri enggan berkomentar langsung saat disinggung mengenai pernyataan Surya Paloh itu. Dia hanya menekankan pihaknya tengah fokus pada gugatan sengketa hasil Pilpres 2024 di Mahkamah Konstitusi (MK).

"Kami masih terus konsentrasi untuk proses di MK dan itulah proses yang sedang kami kerjakan. Jadi perjalanan masih panjang, karena siapapun yang nanti terpilih itu pembentukan kabinet baru bulan Oktober, sekarang masih bulan Maret," ujar Anies kepada wartawan di Nasdem Tower, Jakarta Pusat, Jumat (22/3).

Anies menilai yang disampaikan Surya Paloh hari ini masih bersifat spekulatif. Sebab, pembentukan kabinet di era pemerintahan yang baru masih butuh waktu yang cukup panjang.

"Jadi membicarakan itu (gabung koalisi) sekarang itu masih panjang, masih panjang," tandas Anies.

Sebelumnya diberitakan, Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh buka suara soal peluang gabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) lantaran pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka kini sudah terpilih dalam Pilpres 2024.

Paloh menyebutkan bahwa saat ini Partai Nasdem belum punya keputusan yang jelas dalam menentukan gabung atau tidaknya ke koalisi pemerintahan nanti.

"Itu fifty-fifty posibility nya masih," kata Paloh.

Surya Paloh hanya meminta untuk menunggu kepastian selanjutnya. Pasalnya belum ada sikap yang jelas.

"Kita lihat nanti perkembangan ke depan ya," jelas dia.rajamedia

Komentar: