Banten

Parlemen

Politik

Hukum

Ekbis

Peristiwa

Olahraga

Nasional

Dunia

Gaya Hidup

Opini

Tactical Floor Game Kesiapan Operasi Nataru Digelar Dilantas Polda Banten

Laporan: RMN
Senin, 12 Desember 2022 | 17:08 WIB
Tactical floor game (TFG) dalam rangka kesiapan pengamanan operasi Natal 2022 dan Tahun Baru 2023/Repro
Tactical floor game (TFG) dalam rangka kesiapan pengamanan operasi Natal 2022 dan Tahun Baru 2023/Repro

RMBanten.com, Keamanan - Tactical floor game (TFG) dalam rangka kesiapan pengamanan operasi Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru) digelar Ditlantas Polda Banten gelar  di Aula Ditlantas pada Senin (12/12).

Hadir dalam kegiatan itu, Wakapolda Banten Brigjen Pol Ery Nursatari, Karoops Polda Banten Kombes Pol Dedy Suhartono, Dirlantas Polda Banten Budi Mulyanto, Kapolres Cilegon Eko Tjahyo Untoro, PJU Ditlantas Polda Banten serta diikuti para Kasatlantas Polres atau Polresta jajaran dan personel Ditlantas.

Dirlantas Polda Banten Kombes Pol Budi Mulyanto menyampaikan, dilaksanakanya kegiatan TFG sebagai sarana untuk mengetahui potensi kerawanan dan penempatan personel dalam operasi Nataru.

"Melalui TFG diharapkan seluruh pelibatan personel serta sistem kendali, dapat dilatihkan dan diuji tahapan-tahapannya. Guna menghadapi berbagai kemungkinan situasi maupun kontinjensi,” ujar Budi.

Budi Mulyanto juga mengatakan bahwa, Polda Banten akan melakukan beberapa langkah strategis maupun konseptual bahkan sampai teknis.

"Agar perosel yang melakukan pengamanan tau bagaimana siapa berbuat apa bertanggung jawab dan kapan metode metode itu dilaksanakan,” katanya.

Ditlantas akan memperlakukan diling sistem yang merupakan satu sarana untuk mempermudah masyarakat sehingga masuk ke Pelabuhan tidak bingung terkait tiketing Ferizzi.

"Diling sistem akan kita laksanakan di Rest Area yaitu di KM 13 wilayah hukum Polda Metro, KM 43 dan 68 dalam hal ini kita akan dibantu oleh pihak MMS, ASDP dan BPTG,” ujar Budi.

TFG juga bertujuan untuk memberikan gambaran kepada personel Ditlantas mengenai situasi dan cara bertindak maupun untuk mengantisipasi terjadinya gangguan Kamseltibcar Lantas dan Kamtibmas, yang akan timbul pada operasi Nataru.

Sementara Kapolres Cilegon AKBP Eko Tjahyo Untoro menjelaskan bahwa, Polres Cilegon akan mendirikan tujuh Pos Pengamanan (Pospam), 61 Pos Pantau dan lima Pos Pelyanan.

“Untuk Pospam satu Merak memiliki 16 Pos Pantau yang ditempatakan di setiap dermaga, Pospam dua Gerem ada empat Pos Pantau, Pospam tiga Cilegon Alun alun dibagi dua Zona yaitu Pospam Cilegon dan Cibeber, Pospam lima berada di Ciwandan ada enam Pos Pantau, Pospam enam Anyer ada 18 Pos Pantau dan Pospam tujuh Cinangka ada sembilan Pos Pantau,” jelasnya.

Eko juga mengatakan telah berkordinasi dengan pihak Persatuan Hotel, Restauran Indonesia (PHRI) meminta untuk mengatur ulang Cek Out dan Cek In hotel.

“Sehingga kita bisa menentukan pengaturan arus lalu lintas dari arah Kota Cilegon ke anyer maupun sebaliknya,” pungkas Eko.rajamedia

Komentar: