Banten

Parlemen

Politik

Hukum

Ekbis

Peristiwa

Olahraga

Calon Dewan

Nasional

Dunia

Gaya Hidup

Opini

Rakor Persiapan Pemilu 2024, Al Muktabar Sampaikan Kesiapan Pemprov Banten

Laporan: Iyan Sopian
Jumat, 26 Januari 2024 | 21:09 WIB
Pj Gubernur Banten menyampaikan kesiapan Pemprov Banten menghadapi pelaksanaan Pemilu 2024. (Foto: Dok Pemprov)
Pj Gubernur Banten menyampaikan kesiapan Pemprov Banten menghadapi pelaksanaan Pemilu 2024. (Foto: Dok Pemprov)

RMBanten.com - Serang - Provinsi Banten telah siap dalam pelaksanaan Pemilihan Umum 2024 yang bakal dilaksanakan pada 14 Februari 2024. Mulai dari Pemerintah Provinsi Banten hingga Pemerintah Kabupaten/Kota telah melakukan mitigasi terhadap kendala teknis.

Pernyataan itu disampaikan Penjabat (Pj) Gubernur Banten usai memimpin Rapat Koordinasi Pembahasan Persiapan Pemilu 2024 secara virtual dari Ruang Rapat Gubernur Banten, KP3B Curug, Kota Serang, Jumat (26/1).

Rapat diikuti oleh Bupati, Wali Kota, Komisi Pemilihan Umum, Badan Pengawas Pemilu, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten/Kota se-Provinsi Banten, para Kepala Organisasi Perangkat Daerah Pemprov Banten.

"Rapat dalam rangka memantau agenda besar kita Pesta Demokrasi 2024. Secara umum dilaporkan oleh Kabupaten/Kota kesiapan-kesiapan masing-masing secara detail. Dengan demikian maka pada prinsipnya kita telah sesuai dengan tahapan. Kita optimis bahwa tanggal 14 Februari 2024 semua bisa sesuai harapan,” ujar Al Muktabar.

Menurut Al Muktabar, beberapa kendala teknis telah dilakukan mitigasi. Di antaranya terkait dengan kemungkinan adanya kawasan banjir, wilayah blank spot, hingga kepulauan telah dibahas untuk langkah-langkah penyelesaiannya.

"Mitigasi dan bahasan langkah penyelesaian merupakan tindak lanjut dari pemetaan berbagai hal oleh KPU Provinsi Banten dalam rangka pelaksanaan Pemilu 2024," ujarnya.

Selain itu kata  Al Muktabar, juga dilaksanakan evaluasi terkait daya dukung Kepala Daerah bersama jajarannya serta Forkopimda terhadap pelaksanaan Pemilu 2024. Termasuk pula terhadap KPU dan Bawaslu sesuai dengan tugas pokok dan peran masing-masing.

"Hal-hal lain, kita terus mengikuti perkembangan, ini masih 18 hari lagi. Kita terus lakukan koordinasi dengan berbagai pihak. Pemprov Banten telah membentuk Desk Pemilu. Begitu juga dengan Pemerintah Kabupaten/Kota telah membentuk Desk Pemilu. Sehingga bisa saling memberi informasi, bisa lebih cepat dan terukur,” jelas Al Muktabar.

Lanjut Al Muktabar, bidang kesehatan, telah menjadi perhatian khusus di Kabupaten/Kota. Secara teknis pihaknya memintakan pengecekan masing-masing sarana di Kabupaten/Kota mulai dari Rumah Sakit, Puskesmas, Klinik Kesehatan, hingga akses ke BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan dioptimalkan.

"Kita juga mendukung dalam rangka bidang kesehatan itu karena kita juga memiliki Rumah Sakit Provinsi. Kita harapkan juga dukungan bersama dari Rumah Sakit Swasta. Mudah-mudahan dengan persiapan yang matang, maka 14 Februari 2024 kita bisa melaksakana dengan sebaik-baiknya,” demikian tutup Al Muktabar melansir laman bantenprov.go.id.rajamedia

Komentar: