Banten

Parlemen

Politik

Hukum

Ekbis

Peristiwa

Olahraga

Calon Dewan

Nasional

Dunia

Gaya Hidup

Opini

Simulasi Pengamanan Capres dan Cawapres, Pemprov - Polda Banten Siap Suksekan Pemilu 2024

Laporan: Iyan Sopian
Jumat, 13 Oktober 2023 | 00:49 WIB
Foto bareng kegiatan simulasi pengamanan Capres dan Cawapres pada Pemilu 2024 di Banten. (Foto: Dok Polda Banten)
Foto bareng kegiatan simulasi pengamanan Capres dan Cawapres pada Pemilu 2024 di Banten. (Foto: Dok Polda Banten)

RMBanten.com - Polhukam - Polda Banten menggelar Simulasi Pengamanan VVIP Protections Operasi Mantap Brata Maung 2023-2024 Dalam Rangka Pengamanan Pemilu Tahun 2024 untuk Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden.

Simulasi itu dilaksanakan jajaran Kepolisian Daerah (Polda) Banten di Halaman Masjid Raya Al Bantani, KP3B Curug. Kota Serang, Kamis (12/10).

Tidak kurang  500 personil dari seluruh satuan Polda Banten dilibatkan dalam simulasi ini. Para personel memperagakan simulasi VVIP Protections sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) pengamanan pelaksanaan kampanye Capres dan Cawapres pada Pemilu Tahun 2024.

"Apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya saya berikan kepada Polda Banten. Karena simulasi ini dilakukan sejak dini dan semoga nanti keamanan dapat tercipta,” ujar  Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar yang turut menyaksikan simulasi itu.

Dikatakan Al Muktabar, simulasi merupakan langkah awal yang dilakukan Pemerintah Provinsi Banten dalam menciptakan stabilitas daerah untuk Tahun 2024.

"Berkolaborasi dengan Polda Banten, maka upaya saling mendukung dapat terus dioptimalkan sebagai pelaksanaan dari fungsi dan tujuan Wakil Pemerintah Pusat di daerah. Dan langkah-langkah selanjutnya kita konsolidasikan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat yang juga merupakan tugas pokok dan fungsi kita bersama,” jelasnya.

Dalam menghadapi pesta demokrasi, kata Al Muktabar, Pemprov Banten terus memperkuat komunikasi antar masyarakat. Dimana komunikasi tersebut dilakukan pada organisasi profesi, organisasi keagamaan, dan organisasi masyarakat lainnya.

"Pemilu ini adalah satu kegiatan pesta demokrasi yang harus kita bahagia menyambutnya,” demikian tutup Al Muktabar melansir laman bantenprov.go.id.

Sebagai informasi, simulasi ini juga disaksikan oleh  Kapolda Banten Irjen Pol Rudy Heriyanto Adi Nugroho, Danrem 064/MY Brigjen TNI Tatang Subarna, Pj. Sekretaris Daerah Banten Virgojanti, Perwakilan KPU Banten, Bawaslu Banten, Perwakilan seluruh Partai Politik dan Organisasi Kemasyarakatan.

Simulasi ini dimulai dari tahapan sterilisasi tempat kampanye, tahapan pengawalan kendaraan, pengawalan kampanye, dan evakuasi dalam menghadapi situasi khusus yang dilakukan apabila terdapat gangguan dan ancaman.rajamedia

Komentar: