Banten

Parlemen

Politik

Hukum

Ekbis

Peristiwa

Olahraga

Calon Dewan

Nasional

Dunia

Gaya Hidup

Opini

Invitasi Olahraga Tradisional Dari Egrang, Sumpitan Hingga Bakiak Resmi Dibuka Bupati Zaki

Laporan: CAREP-02
Kamis, 01 Juni 2023 | 18:13 WIB
Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar berfoto dengan peserta invitasi olahraga tradisional. (Foto: Dok Pemkab)
Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar berfoto dengan peserta invitasi olahraga tradisional. (Foto: Dok Pemkab)

RMBanten.com - Tangkab - Olahraga tradisional adalah cabang olahraga yang sedang digalakkan oleh Pemkab Tangerang melalui sekolah-sekolah mulai dari SD, SMP sampai SMA.

Demikian disampaikan Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar saat membuka invitasi olahraga tradisional di Alun-Alun Tigaraksa Puspemkab Tangerang, Kamis (1/6).

Bupati Zaki berharap kegiatan olahraga tradisional itu dapat menyaring bibit-bibit atlet yang akan mewakili Kabupaten Tangerang di tingkat provinsi dan bahkan nasional.

"Invitasi olahraga tradisional ini juga merupakan bagian dari tahapan Pornas nanti pada 2023, yang kita mulai dari tingkat Kabupaten Tangerang, jenjang SD, SMP dan SMA. Mudah-mudahan nanti bisa menyaring bibit-bibit atlet yang akan mewakili Kabupaten Tangerang di ajang tingkat Provinsi Banten dan mudah-mudahan juga bisa mewakili provinsi Banten di tingkat nasional," ujar Zak.

Selain itu Zaki juga berharap invitasi tersebut menjadi sarana sosialisasi bagi anak-anak didik sebagai generasi penerus bangsa sekaligus sebagai upaya melestarikan olahraga tradisional.
"Dengan banyaknya kegiatan seperti, sosialisasi olahraga tradisional akan semakin populer di masyarakat sekaligus juga melestarikannya," tuturnya.

Sementara, Ketua Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Kabupaten Tangerang, Dedi Sutardi, mengatakan, Invitasi Olahraga Tradisional tingkat Pelajar tahun 2023 diikuti kurang lebih 1.500 peserta.

"Kegiatan invitasi ini diikuti dari jenjang SD hingga SMA se-Kabupaten Tangerang dan diharapkan bisa menjaring atlet-atlet unggul yang nantinya bisa mewakili Kabupaten Tangerang menuju provinsi," kata Dedi.

Jenis lomba dalam Invitasi Olahraga Tradisional antara lain ketepel, sumpitan, egrang, lari balok (bakiak), terompah panjang, dagong, dan hadang.rajamedia

Komentar: