Banten

Parlemen

Politik

Hukum

Ekbis

Peristiwa

Olahraga

Calon Dewan

Nasional

Dunia

Gaya Hidup

Opini

Mau Bangun Museum Literasi Syekh Nawawi Al-Bantani, Tim Museum Temui Wapres

Laporan: Tim Redaksi
Rabu, 24 Januari 2024 | 21:48 WIB
Tim Museum Literasi Syekh Nawawi Al-Bantani menemui Wakil Presiden Ma'ruf Amin. (Foto: Dok Setwapres).
Tim Museum Literasi Syekh Nawawi Al-Bantani menemui Wakil Presiden Ma'ruf Amin. (Foto: Dok Setwapres).

RMBanten.com - Jakarta - Tim Museum Literasi Syekh Nawawi Al-Bantani yang didalamnya ada fakar filologi menemui Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin, di kediaman resmi wapres, Jalan Diponegoro Nomor 2, Jakarta Pusat, Rabu (24/1).

Kedatangan para fakarmuseum itu untuk menyampaikan rencana membangun Museum Literasi Syekh Nawawi Al-Bantani.

"Salah satu yang kita usulkan itu adalah dengan adanya museum. Mungkin namanya bisa nanti kita diskusikan, tapi semacam museum literasi Syekh Nawawi," kata pemimpin tim museum Oman Fathurrahman.

Dikatakan Oman, Universitas Syekh Nawawi Banten perlu memiliki pembeda. Sehingga kekhasan universitas itu tampak dan manfaatnya lebih luas.

"Nantinya museum ini akan mengusung tiga unsur penting yang akan menjadi ciri khas dari Universitas Syekh Nawawi Banten," ujar Guru Besar Filologi Universitas Islam Negeri Jakarta itu.

Oman merinci dasar pembangunan museum itu, yakni Syekh Nawawi, kemudian Banten Islam sejak khususnya abad ke-16 dan tentang pelembagaan lembaga pendidikan Islam di Indonesia abad ke-19 yaitu pesantren.

"Jadi ada tiga lokus yang akan menjadi penciri yang mendukung ekosistem perguruan tinggi," jelas dia.

Oman berharap kehadiran museum itu akan bermanfaat untuk meningkatkan literasi publik. Apalagi, karya-karya Syekh Nawawi sejak dulu telah banyak menjadi referensi di seluruh dunia.

"Ini konsepnya akan betul-betul disajikan, dikolaborasikan, dengan konteks kekinian. Kita akan memanfaatkan teknologi digital," demikian tutup Oman.rajamedia

Komentar: