Banten

Parlemen

Politik

Hukum

Ekbis

Peristiwa

Olahraga

Nasional

Dunia

Gaya Hidup

Opini

Jaring Milenial, KemenKopUKM Gelar Pendampingan Calon Wirausaha di Kota Serang

Laporan: RMN
Minggu, 23 Oktober 2022 | 12:46 WIB
Kegiatan prapedampingan calon wirausaha di Kota Serang/Ist
Kegiatan prapedampingan calon wirausaha di Kota Serang/Ist

RMBanten.com, Kewirausahaan - Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) melalui Deputi Bidang Kewirausahaan menyelenggarakan kegiatan Pra Pendampingan Calon Wirausaha di Kota Serang, Banten Sabtu (22/10).

Kegiatan digelar sebagai upaya menumbuhkan minat berwirausaha dan meningkatkan rasio kewirausahaan.

Asisten Deputi Konsultasi Bisnis dan Pendampingan, KemenKopUKM, Destry Anna Sari menyampaikan, generasi muda diharapkan menjadi wirausaha yang bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, namun juga menciptakan lapangan kerja.

"Peningkatan rasio kewirausahaan suatu negara diperlukan agar negara dapat memenuhi kebutuhan hidupnya sendiri dan mengurangi ketergantungan impor. Suatu negara disebut maju apabila rasio kewirausahaannya semakin tinggi," ucapnya.

Kegiatan itu dibuka oleh Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Kota Serang dengan Tim UKM Indonesia sebagai narasumber. Kegiatan ini diikuti oleh 30 orang Gen Z yang merupakan calon wirausaha yang berasal dari Universitas Islam Negeri “SMH” Banten dan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Lebih lanjut, KemenKopUKM berkolaborasi dengan ukmindonesia.id, UNDP, dan berbagai stakeholder mengaplikasikan modul pengembangan bisnis lestari, yang juga dapat diakses melalui edukukm.  

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian, dan Perdagangan Kota Serang Wasis Dewanto menyampaikan pihaknya sangat mendukung kegiatan ini dalam rangka menciptakan lebih banyak wirausaha muda di Kota Serang.

"Diharapkan dengan bertumbuhkembangnya wirausaha muda di Kota Serang akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kota Serang dan sekitarnya," ucap Wasis.

Dalam kegiatan ini, para peserta diberikan pengetahuan dasar sebagai fondasi untuk berwirausaha, seperti Business Model Canvas, cara menghitung modal, dan harga pokok penjualan.

Kegiatan Pra Pendampingan Calon Wirausaha difokuskan untuk mempersiapkan para calon wirausaha untuk dapat mengikuti program pendampingan selanjutnya. Para peserta diharapkan mampu mengembangkan ide bisnis yang telah dimiliki dan mengembangkan usaha yang dirintis selama ini.rajamedia

Komentar: