Banten

Parlemen

Politik

Hukum

Ekbis

Peristiwa

Olahraga

Calon Dewan

Nasional

Dunia

Gaya Hidup

Opini

Pemprov Banten Perhatikan Prasarana Perhubungan Mudik Idul Fitri 1445H/2024M

Laporan: Iyan Sopian
Sabtu, 06 April 2024 | 10:38 WIB
Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Banten Tri Nurtopo. (Foto: Dok RRI)
Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Banten Tri Nurtopo. (Foto: Dok RRI)

RMBANTEN.COM - Serang - Pada arus balik Idul Fitri 1445H/2024M, prasarana perhubungan menjadi sorotan Pemerintah Provinsi Banten.

 

Diketahui, puncak Mudik Idul Fitri diprediksi pada tanggal 5 dan 7 April 2024, sedangkan puncak arus balik diprediksi pada tanggal 14 dan 15 April 2024.

Dalam memberikan pelayanan Arus Mudik dan Arus Balik Idul Fitri, Pemprov Banten mengaku selalu berkoordinasi dan bersinergi dengan pihak terkait .

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Banten Tri Nurtopo menjelaskan sarana perhubungan menjadi perhatian adalah Bandara Soekarno-Hatta, jalan tol Tangerang - Merak - Rangkasbitung, jalan arteri (non-tol) Tangerang - Merak dan Cilegon - Anyer - Labuan - Pandeglang - Rangkasbitung.

Kemudian jalur wisata menuju Anyer - Carita, Pelabuhan Penyeberangan Merak, Pelabuhan alternatif Ciwandan dan Bojonegara, serta Pelabuhan Cituis dan Tanjung Pasir.

"Periode Posko Angkutan Lebaran 1445H/2024M mulai H-9 hingga H+10,” ungkap melansir laman bantenprov.go.id.

Untuk Posko Utama berlokasi di Kantor Dinas Perhubungan Provinsi Banten. Sedangkan untuk Posko Utama Gatur Lalin berlokasi di Mercusuar Anyer.

"Untuk lokasi gatur lalu lintas jalur mudik ada 16 lokasi. Sedangkan untuk lokasi gatur lalu lintas jalur wisata ada 10 lokasi,” jelas Tri Nurtopo.

Lebih lanjut, kata Tri, untuk pembatasan operasional angkutan barang, diberlakukan tol mulai Jumat 5 April 2024 pukul 09.00 WIB hingga Selasa 16 April 2024 pukul 08.00 WIB. Berlaku untuk jalan tol dan non-tol arteri dari Merak - Jakarta atau sebaliknya.

"Yang dikecualikan meliputi kendaraan hantaran uang, logistik Pemilu, hewan ternak, pakan ternak, bahan pokok, pupuk, BBM/BBG, penanganan bencana alam, angkutan sepeda motor mudik dan balik gratis,” jelas Tri.

Tri berpesan kepada para pemudik untuk mempersiapkan diri dan kendaraan dengan baik. Jika merasa lelah atau mengantuk istirahat di rest area, Pompa bensin, atau Posko lalu lintas.

"Kendalikan diri dan jangan paksakan diri saat membawa kendaraan. Taati rambu-rambu lalu lintas dan arahan petugas di lapangan. Semoga lancar dan selamat sampai tujuan,” pungkasnya.rajamedia

Komentar: