Banten

Parlemen

Politik

Hukum

Ekbis

Peristiwa

Olahraga

Calon Dewan

Nasional

Dunia

Gaya Hidup

Opini

Al Muktabar Sidak Barang dan Harga Komoditi Pangan di Pasar Induk Rau

Laporan: Iyan Sopian
Rabu, 13 Maret 2024 | 17:10 WIB
Pj Gubernur Banten Al Muktabar memantau harga kebutuhan pokok selama ramadhan. (Foto: Repro)
Pj Gubernur Banten Al Muktabar memantau harga kebutuhan pokok selama ramadhan. (Foto: Repro)

RMBANTEN.COM - Serang - Inspeksi mendadak (Sidak) ketersediaan dan keterjangkauan harga bahan kebutuhan pokok pada bulan Ramadan 2024 dilakukan Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar di Pasar Induk Rau (PIR), Kota Serang, Rabu (13/3).

 

"Usai mengikuti Rakor Pengendalian Inflasi, dan kita langsung turun ke lapangan. Secara nasional yang difokuskan terkait stok beras, saya langsung mengecek bersama Bulog bahwa beras SPHP tersedia dan harganya sesuai yang diterapkan dalam kemasan," ujar Al Muktabar.

Untuk beras premium, kata Al Muktabar, pihaknya menuturkan ketersedian beras premium di Provinsi Banten hingga saat ini mencukupi.

"Ada 42 titik lokasi di Provinsi Banten yang menjalin kerja sama dengan Bulog untuk menyalurkan beras SPHP," katanya.

Al Muktabar juga turut memantau sejumlah komoditi lainnya, diantaranya minyak goreng, cabai, daging ayam ras, telur ayam ras hingga daging sapi yang ada di PIR Kota Serang.

"Tadi juga kita mengecek harga telur, cabai, daging sapi dan daging ayam ras. Bahkan tadi kita juga membelinya dan kita bagikan kepada masyarakat," imbuhnya.

Selain itu, Al Muktabar menyampaikan pihaknya melakukan sidak tersebut guna menyiapkan langkah strategi kebijakan dari kondisi yang terjadi di tengah-tengah masyarakat.

"Sehingga kita dapat mengetahui kondisi  seperti apa yang perlu pemerintah melakukan langkahnya, dan kita telah memiliki format kerjanya," jelasnya.

Pemerintah Provinsi Banten kata Al Muktabar telah meminta kepada PT Agrobisnis Banten Mandiri (ABM) untuk dapat segera menghubungi produsen cabai untuk dapat membantu mengirimkan pasokan cabai ke Provinsi Banten.

"Kalau dibutuhkan subsidi dari Pemprov seperti ongkos transport untuk menjaga stabilitas harga, kita sediakan khusus untuk penanganan inflasi, komoditi apapun," demikian tutup.

Sumber: bantenprov.go.idrajamedia

Komentar: