Banten

Parlemen

Politik

Hukum

Ekbis

Peristiwa

Olahraga

Calon Dewan

Nasional

Dunia

Gaya Hidup

Opini

Harkodia 2023, Al Muktabar: Antikorupsi harus Ditanamkan Sejak Usia Dini

Laporan: Iyan Sopian
Sabtu, 09 Desember 2023 | 11:06 WIB
Pj Gubernur Banten, Al Muktabar. (Foto: Repro)
Pj Gubernur Banten, Al Muktabar. (Foto: Repro)

RMBanten.com - Serang - Pencegahan korupsi untuk percepatan pencapaian kesejahteraan bersama, berupa nilai-nilai antikorupsi perlu ditanamkan sejak dini.

Pernyataan itu disampaikan Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar pada Pj Gubernur pada Peringatan Hari Antikorupsi se-Dunia (Harkodia) 2023 Provinsi Banten di Plaza Aspirasi, KP3B Curug, Kota Serang, Sabtu (9/12). \

Pada Hakordia 2023 mengambil tema ‘Sinergi Berantas Korupsi Untuk Indonesia Maju.’

"Peringatan Hari Antikorupsi se-Dunia bagian dari sosialisasi pencegahan korupsi. Antikorupsi diawali dengan mencegah,” tegas Al Muktabar.

Seluruh pihak kata Al Muktabar untuk terus menerus saling mengingatkan. Menurutnya, kontrol sosial merupakan suatu hal penting.

"Pencegahan korupsi penting. Antikorupsi harus digiatkan bersama,” ujar Al Muktabar.

Dalam pencegahan korupsi, kata Al Muktabar, Pemprov Banten bersama KPK melakukannya secara massif. Diantaranya bersama para pejabat Pemprov Banten dan Pemerintah Kabupaten/Kota dengan dunia usaha swasta atau para pengusaha, para tokoh masyarakat dan juga organisasi profesi.

"Kita selalu berkolaborasi, konsep pentahelix. Mudah-mudahan dengan segala ikhtiar ini akan terus memposisikan Provinsi Banten dalam pencegahan korupsi,” ucap Al Muktabar.

Al Muktabar mengatakan, pencegahan korupsi dilakukan dari berbagai lini. Salah satunya dari Desa. Tahun lalu Desa Gunungbatu Kecamatan Cilograng Kabupaten Lebak ditetapkan sebagai Desa Percontohan Antikorupsi.

Al Muktabar berharap ditunjuknya Desa Gunungbatu Kecamatan Cilograng, Kabupaten Lebak sebagai Desa  Antikorupsi oleh KPK bisa direplikasi Desa-Desa lainnya.

Masih menurut Al Muktabar, generasi muda merupakan harapan masa depan bangsa Indonesia. Nilai-nilai antikorupsi perlu ditanamkan sejak dini.

"Hadirnya siswa siswi bagian pendidikan kepada mereka proses awal untuk nanti menjadi pemimpin Indonesia. Kita sudah melakukan pembekalan-pembekalan antikorupsi,” ungkapnya.

Al Muktabar meyakini, nilai-nilai antikorupsi bisa menjadi nilai lebih atau daya bagi generasi. Generasi muda harus jujur atau amanah untuk mendapatkan kepercayaan.

"Dunia global menghendaki tatanan orang yang amanah dalam bekerja, berbuat, dan bertindak. Generasi muda yang kita persiapkan bukan hanya untuk Provinsi Banten untuk nasional atau Indonesia," ujarnya.

"Bahkan berkemungkinan berkiprah secara mendunia. Dengan langkah seperti ini Mereka mendapatkan trust atau kepercayaan yang nilainya tinggi sekali,” demikian tutup Al Muktabar melansir laman bantenprov.go.id..rajamedia

Komentar: