Banten

Parlemen

Politik

Hukum

Ekbis

Peristiwa

Olahraga

Calon Dewan

Nasional

Dunia

Gaya Hidup

Opini

Haedar Nashir: Dialog Muhammadiyah Bersama Capres-Cawapres untuk Literasi dan Edukasi Publik

Laporan: Nazila Nur
Rabu, 22 November 2023 | 21:17 WIB
Dialog terbuka Muhammadiyah bersama calon pemimpin bangsa,. (Foto: Istimewa)
Dialog terbuka Muhammadiyah bersama calon pemimpin bangsa,. (Foto: Istimewa)

RMBanten.com - Surakarta - Gelaran dialog publik terbuka, Muhammadiyah Bersama Calon Pemimpin Bangsa dimaksudkan sebagai sarana untuk literasi politik warga Muhammadiyah dan publik luas.

Begitu disampaikan Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir, saat memberikan sambutan dalam Dialog Terbuka Capres-Cawapres di Edutorium UMS, Rabu (22/11).

Menurut Haedar, rakyatlah yang akan menentukan pilihan pada 2024. Dialog terbuka membedah pengetahuan tentang visi, misi dan gagasan para calon pemimpin yang akan berlaga. Mengingat tantangan Indonesia ke depan semakin kompleks dan tidak mudah.

Kata Haedar Nashir, pemimpin terpilih nanti memiliki tugas yang tidak mudah. Sebab, dari kokohnya pondasi kebangsaan dan kenegaraan yang diletakkan oleh tokoh pendahulu, implementasinya hari ini masih banyak catatan dan kemandegan.

"Kemandegan masih ada, erosi peluruhan masih ada, distorsi atau deviasi penyimpangan dari cita-cita jiwa pikiran dan fondasi besar yang telah diletakkan oleh para pendiri Indonesia itu,” kata Haedar  dalam Dialog Terbuka Capres-Cawapres di Edutorium UMS, Rabu (22/11).

Senada Haedar Nashir, Sekum PP Muhamamadiyah Abdul Mu’ti selaku moderator dari dialog ini mengungkapkan agenda ini bukan kampanye, juga bukan ujian. Melainkan cara Muhammadiyah untuk menguatkan literasi dan edukasi politik publik.

"Ini menjadi bagian dari upaya kita untuk melakukan literasi dan edukasi politik, agar kita menentukan pilihan secara tepat, melihat program-programnya, menganalisis dengan kecerdasan,” tutur Mu’ti.

Abdul Mu’ti berhasil membawa acara Dialog Terbuka ini dengan cair dan menggembirakan. Dia juga sempat bergurau dengan Muhaimin Iskandar (Cak Imin), sebagai orang pesantren dan keturunan Kiai, Cak Imin juga biasa dipanggil Gus.

"Abdul Muhaimin Iskandar dipanggil Gus karena NU, kalau Muhammadiyah dipanggil guys,” seloroh Mu’ti disambut tawa hadirin yang memadati Edutorium UMS.

Panelis dalam Dialog Terbuka di UMS untuk Paslon Capres-Cawapres nomor urut 1 ini ada Kiai Saad Ibrahim (Ketua PP Muhammadiyah), Sofyan Anif (Rektor UMS), Aidul Fitriciada Azhari (Mantan Komisi Yudisial), Siti Zuhro (Peneliti BRIN), dan Zuly Qodir (Pakar Politik Islam dari UMY).

Setelah dialog ditutup Paslon nomor urut 1, Anies Rasyid Baswedan dan Abdul Muhaimin Iskandar mendapat hadiah berupa Anggota Kehormatan Muhammadiyah, dan beberapa dokumen Muhammadiyah tentang pandangan keindonesiaan, keumatan, kebangsaan, dan kemanusiaan universal.rajamedia

Komentar: