Banten

Parlemen

Politik

Hukum

Ekbis

Peristiwa

Olahraga

Calon Dewan

Nasional

Dunia

Gaya Hidup

Opini

Rangkaian HUT Ke-23 Provinsi Banten, Masyarakat Cilegon Diguyur Bansos

Laporan: Iyan Sopian
Minggu, 12 November 2023 | 17:56 WIB
Pj Gubernur Banten Al Muktabar meyalurkan Bansos program penanganan kemiskinan ekstrem kepada masyarakat Kota Cilegon. (Foto: Dok Pemprov)
Pj Gubernur Banten Al Muktabar meyalurkan Bansos program penanganan kemiskinan ekstrem kepada masyarakat Kota Cilegon. (Foto: Dok Pemprov)

RMBanten.com - Cilegon - Bantuan sosial program penanganan kemiskinan ekstrem kepada masyarakat Kota Cilegon dalam ekspedisi reformasi birokrasi tematik berdampak disalurkan secara langsung oleh Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar.

Bantuan sosial terebut masih merupakan rangkaian peringatan HUT Ke-23 Provinsi Banten itu dilaksanakan di Gedung Serbaguna Pusdiklat PT Krakatau Steel Jl. Jenderal Sudirman, Kota Cilegon, Minggu (12/11).

"Ini jadi bagian dari ikhtiar kita yang disebut pemerintah hadir dengan agenda ekspedisi reformasi birokrasi tematik berdampak. Birokrasi berdampak itu di antaranya adalah birokrasi yang melayani,” ujar Al Muktabar.

Menurut Al Muktabar, birokrasi tugasnya adalah melayani dan mengatur. Pihaknya menyalurkan bantuan sosial melalui ibu-ibu, agar dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Al Muktabar berpesan kepada para ibu-ibu dengan anak balita untuk menjaga dan merawat anaknya dengan baik agar terhindar dari stunting.

"Titip anak-anak untuk dijaga dan dirawat dengan baik. Dipundak mereka, masa depan kita titipkan,” ungkapnya.

Ditegaskan Al Muktabar, Pemprov Banten bersama para pemangku kepentingan berkolaborasi dan bersinergi dalam penanganan stunting hingga  pengendalian inflasi. Dirinya juga mengatakan bahwa bantuan yang diberikan sebagai bentuk perhatian pemerintah kepada masyarakat.

"Bantuan yang diberikan sebagai kebersamaan antara pemerintah dan masyarakat, pemerintah hadir. Jangan lihat besar kecilnya. Bantuan sosial yang diberikan dari kita, oleh kita, dan untuk kita. Merupakan kontribusi Bapak/Ibu dalam membayar pajak dan sebagainya untuk membiayai pembangunan,” terangnya.

Dijelaskan, dalam penyaluran bantuan sosial juga diberikan bantuan pemberdayaan ekonomi untuk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

"Penyaluran bantuan alat-alat untuk ekonomi produktif, agar UMKM bisa tumbuh dan berkembang,” ungkap Al Muktabar. Itu juga bagian ikhtiar kita untuk menurunkan angka pengangguran dan pengendalian inflasi,” ujarnya.

Dikatakan, beragam bantuan sosial yang disalurkan menjadi bagian ekspedisi reformasi tematik berdampak.  Seperti pada penanganan kemiskinan ekstrem, stunting, gizi buruk, pengendalian inflasi, penggiatan investasi, hingga adanya stabilitas daerah.

Dikatakannya, Provinsi Banten termasuk wilayah yang berhasil menurunkan kemiskinan ekstrem. Pemprov Banten mendapatkan Penghargaan Dari pemerintah pusat yang diserahkan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia KH Ma’ruf Amin.

"Itu bagian dari tahapan-tahapan bahwa kinerja kita terukur,” demikian tutup Al Muktabar melansir lam bantenprov.go.id.

Bantuan sosial untuk masyarakat Kota Cilegon:

1. Bantuan Sosial Anak sebanyak 60 anak, per anak Rp. 500,000. Jumlah : Rp. 30.000.000.

2. Bantuan Sosial Lanjut Usia sebanyak 155 orang,  per orang Rp. 750,000. Jumlah : Rp. 116.250.000.

3. Bantuan Sosial bagi Disabilitas sebanyak 60 orang, per orang Rp. 500,000. Jumlah : Rp. 30.000.000.

4. Bantuan Jaminan Sosial Keluarga dalam rangka penanganan kemiskinan ekstrem sebanyak 800 orang, per orang Rp. 500,000. Jumlah : Rp. 400.000.000.

5. Bantuan Beras Perlindungan Sosial tahap 2 se-Provinsi Banten 105.682 KPM, untuk Kota Cilegon sebanyak 6.937. Masing-masing penerima dapat 10 Kg.

6. Bantuan ikan konsumsi sebanyak 100 bag. masing-masing pernerima dapat 1 Kg.

7. Bantuan Pemberdayaan Ekonomi Perempuan melalui pelatihan Tata Boga sebanyak 95 paket berupa oven kue stainless dan loyang.rajamedia

Komentar: