Banten

Parlemen

Politik

Hukum

Ekbis

Peristiwa

Olahraga

Calon Dewan

Nasional

Dunia

Gaya Hidup

Opini

Buka Festival Mookevart, Arief: Kota Tangerang Kota Peradaban, Rumah Kita Semua

Laporan: Iyan Sopian
Minggu, 15 Oktober 2023 | 06:50 WIB
Walikota Tangerang Arief Wismansyah saat membuka  Festival Mookevart Kota Tangerang tahun 2023. (Foto: Dok Pemkot)
Walikota Tangerang Arief Wismansyah saat membuka Festival Mookevart Kota Tangerang tahun 2023. (Foto: Dok Pemkot)

RMBanten.com - TangKot, Wisata - Kota Tangerang telah menjadi tempat peradaban serta rumah bagi semua kalangan sejak ratusan tahun silam hingga kini.

Begitu disampaikan Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah dalam sambutannya pada acara Festival Mookevart Kota Tangerang tahun 2023, Sabtu (14/10).

"Ini buktinya, pintu air ini udah ada dari tahun 1857, lebih tua lagi itu ada Masjid Jami Kali Pasir, Wihara Boen Tek Bio sudah ada dari tahun 1500-an. Jadi di Kota Tangerang ini banyak sekali yang harus kita jaga dan lestarikan,” ujarnya.

Dikatakan Arief, baik uty wilayah cagar budaya dan berbagai peninggalan sejarah yang ada ini menjadi media untuk kita belajar serta terus mempertahankan nilai budaya yang lahir dari Kota Tangerang.

"Ini mookevart atau jalur sungai air ini jadi jalur perdagangan hingga jalur transportasi zaman dulu. Makanya kita ingin semua bisa tau bagaimana sejarah tempat ini berasal, bahkan kalo bisa sejarah wilayah tempat tinggal kita masing-masing," ungkap.

Arief, berharap adanya Festival Mookevart dan berbagai festival budaya yang diselenggarakan akan terus menjadi semangat kita dalam melestarikan budaya dan sejarah Kota Tangerang.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Wali Kota Kota Tangerang H. Sachrudin juga hadir berkeliling area Hutan Kota sambil menikmati pertunjukkan budaya serta pameran UMKM yang ada pada festival tersebut.

"Kita bangun rasa kepemilikan akan Kota Tangerang semakin besar, sehingga kota kita semakin maju, sejahtera dan berdaya saing,” pungkas Sachrudin melansir laman resmi Pemkot Tangerang.

Pada kesempatan itu, baik Walikota dan Wakil Walikota menikmati Papadangan atau makan bersama.rajamedia

Komentar: