Banten

Parlemen

Politik

Hukum

Ekbis

Peristiwa

Olahraga

Calon Dewan

Nasional

Dunia

Gaya Hidup

Opini

Dinkes Kota Tangerang Lakukan Skrining Untuk Deteksi TBC

Laporan: RMN
Selasa, 17 Januari 2023 | 22:03 WIB
Skrining deteksi dini TBC Kota Tangerang/Repro
Skrining deteksi dini TBC Kota Tangerang/Repro

RMBanten.com, Kesehatan - Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) melakukan skrining ke 13 Kecamatan, salah satunya di Kecamatan Benda, Selasa (17/1).

Skrining dilakukan dalam mendukung program Kementerian Kesehatan menurunkan kasus Tuberkulosis (TBC).

Tim dari Puskesmas Benda dan Puskesmas Jurumudi Baru turut diterjunkan dalam skrining ini.

Penanggung jawab program TBC dari Puskesmas Jurumudi Baru, Siti Fajriah mengungkapkan, langkah skrining agar masyaraka dapat lebih peduli tentang pentingnya pemeriksaan TBC.

"Hari ini kami Puskesmas Jurumudi Baru beserta Puskesmas Benda menggelar pemeriksaan TBC secara gratis bagi masyarakat yang merupakan keluarga kontak erat dengan pasien TBC, khususnya di Kecamatan Benda," ujar Siti Fajriah.

Menurut Siti Fajriah, ada 51 kasus TBC yang ada di Kecamatan Benda. Setiap keluarga pasien minimal tiga orang diharuskan melakukan pemeriksaan dari skrining, Test Cepat Molekuler (TCM), serta X-ray.

"Pemeriksaan dilakukan berupa skrining, Test Cepat Molekuler (TCM) serta X-ray. Jika dari hasil ternyata positif, maka akan diberikan edukasi serta obat yang diperlukan," demikian  Siti seperti dilansir dari laman Pemkot Tangerang.rajamedia

Komentar: