Banten

Parlemen

Politik

Hukum

Ekbis

Peristiwa

Olahraga

Calon Dewan

Nasional

Dunia

Gaya Hidup

Opini

Prabowo Isyaratkan Airin Calon Gubernur Banten, Andra Soni 'Harus Terima' Cawagub!

Laporan: Tim Redaksi
Selasa, 26 Maret 2024 | 11:42 WIB
Dua kandidat calon Gubernur Banten Airin Rachmi Diany dan Andra Soni. (Foto: Repro)
Dua kandidat calon Gubernur Banten Airin Rachmi Diany dan Andra Soni. (Foto: Repro)

RMBANTEN.COM - Politik,Pilgub - Calon kandidat Gubernur Banten kembali muncul. Kali ini calon yang muncul itu adalah Ketua DPD Partai Gerindra Banten, Andra Soni.

Andra Soni sendiri saat ini menjabat sebagai Ketua DPRD Banten.

Nama lain yang paling santer dipastikan akan maju di Pilgub Banten 2024 ini adalah politisi Golkar, dan mantan Walikota Tangsel dua periode, Airin Rachmi Diany.

Airin sudah duluan muncul terlebih pasca pemilihan legislatif dengan keberhasilan meraih suara terbayak, popularitas dan elektabilitas Airin terus melejit.

Walau begitu, kemunculan Andra Soni ini tidak bisa dianggap enteng, karena resource yang dimiliki Andra Soni cukup kuat juga untuk maju menjadi kandidat calon Gubernur Banten.

"Andra Soni punya resources yang cukup menarik di Banten ini, baik itu terkait posisinya dan juga partainya (Gerindra)," ujar Zaki Mubarok dalam seri diskusi 'Membidik Calon Gubernur Banten Mumpuni' di salah satu Resto, di Tangerang Selatan, Senin (25/3).

Praktisi media dari Pro Jurnalis Media Siber (PJS) itu mengatakan sesungguhnya Andra Soni punya, kekuatan atau sumber daya untuk bersaing dengan Airin Rachmi Diany di Pilgub Banten, terlebih setelah Prabowo Subianto mencatatkan hattrick menang di Provinsi Banten.

Zaki menilai, pernyataan Andra Soni yang menegaskan kalau mandat yang dembannya dari kader Gerindra yaitu Calon Gubernur, masih 'Koma' bukan 'Titik'.

"Menarik kalau liat di pemberitaan, Andra Soni menegaskan diri siap menjadi calon Gubernur. Pernyatannya seakan sudah 'titik', padahal itu baru 'koma'," ujar Zaki.

Lulusan ilmu Komunikasi Fakultas Dakwah UIN Jakarta itu, menerangkan, dalam politik, jawaban 'koma', artinya jawaban Andra melihat fenomena hari ini.

"Hari ini dorongan kadernya, ya dia. Tapi kedepannya, sangat dinamis, termasuk harus memperhatikan mandat dari DPP dan Ketua Umum Gerindra" terang Zaki.

Airin - Andra

Diterangkan Zaki, ada catatan menarik saat kampanye Pilpres di Banten beberapa waktu lalu, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto yang juga Capres yang memenangkan konsestasi saat ini menyebut Airin sebagai Gubernur Banten, dan mendoakannya.  

"Airin insyaAllah gubernur banten sebentar lagi,” ujar Zaki menirukan kata-kata Prabowo.

"Dan itu disampaikan di beberapa kesempatan. Pada saat itu Airin Rachmi Diany sebagai Ketua TKD Banten dan Andra Soni sebagai Waki," sambung Zaki.

Bagi Partai Golkar sendiri, kata Zaki, nama Airin sudah dipastikan akan diusung sebagai calon gubernur.  

Lalu, siapa sosok yang akan mendampingi Airin?

"Saya kira, Ketua DPD Gerindra Andra Soni cocok jadi pendamping Airin," ujarnya.  

Lebih lanjut, kata pendiri Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) di Provinsi Banten itu, mengatakan kalau Andra Soni menyebut  koalisi yang terbangun pada Pilpres 2024, sepertinya juga akan berlaku pada Pilkada di daerah. Hal ini disebutkan Andra, agar masyarakat di daerah tidak bingung.

"Saya membaca di media, Andra Soni mengatakan intuisinya, bahwa kemungkinan besar koalisi untuk Pemilukada di daerah ya seluruh Indonesia linear dengan Pilpres," ujar Zaki.

"Jadi kalau semangatnya keberlanjutan koalisi, Airin - Andra bisa jadi opsi," demikian tutup Zaki.

Sebelumnya, Ketua DPC Gerindra Kota Cilegon Helldy Agustian mendorong Ketua DPD Gerindra Provinsi Banten, Andra Soni untuk menjadi calon Gubernur Banten pada kontestasi Pilkada 2024.

Helldy Agustian bahkan juga mendorong Andra Soni menggandeng mantan Wali Kota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany.

Helldy Agustian yang merupakan Wali Kota Cilegon saat ini itu menilai, sosok Andra-Airin merupakan pasangan yang ideal jika dikawinkan di Pilgub Banten 2024.

Terlebih kedua orang tersebut telah sama-sama berjuang untuk memenangkan pasangan capres-cawapres nomor urut 02, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka di Provinsi Banten.

"Makanya tadi ada istilah AA (Andra -Airin tapi A-nya yang mana dulu ini," kata Helldy di DPD Gerindra Banten, Sabtu (23/3).rajamedia

Komentar: