Banten

Parlemen

Politik

Hukum

Ekbis

Peristiwa

Olahraga

Calon Dewan

Nasional

Dunia

Gaya Hidup

Opini

Al Muktabar: Pondok Pesantren Penyangga Ekonomi Syariah Indonesia

Laporan: Iyan Sopian
Kamis, 07 Maret 2024 | 16:46 WIB
Pj Gubernur Banten Al Muktabar berfoto bersama di Musyawarah Besar VI FSPP Provinsi Banten. (Foto: Repro)
Pj Gubernur Banten Al Muktabar berfoto bersama di Musyawarah Besar VI FSPP Provinsi Banten. (Foto: Repro)

RMBANTEN.COM - Lebak - Pondok Pesantren mampu menjadi penyangga ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia. Dengan memanfaatkan eksistensinya, Pondok Pesantrenmenjadi motor penggerak kemajuan ekonomi umat.

Demikian disampaikan Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar pada Musyawarah Besar VI Forum Silaturahmi Pondok Pesantren (FSPP) Provinsi Banten dengan tema “Konsolidasi Organisasi Pesantren Untuk Persatuan Umat”  di Aula  Balai Penjamin Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Banten, Kabupaten Lebak, Rabu (6/3) kemarin..

Al Muktabar menjelaskan, Pondok Pesantren dan ekonomi syariah merupakan aspek yang lahir dari kaum muslim.

Pondok Pesantren memberikan kontribusi berupa sumber daya manusia dan ekonomi syariah memberikan kontribusi memajukan ekonomi umat Islam.

"Ekonomi pesantren dengan berbagai  komoditas yang bisa dikelola bersama ini baik sekali untuk Provinsi Banten ke depan. Dengan terjalin satu kesatuan  sumber daya manusia yang kontinyu,” ujar Al Muktabar.

Selain UMKM, kata Al Muktabar, beberapa komoditas di Pondok Pesantren seperti peternakan dan pertanian akan terus dioptimalkan. Hal tersebut diiringi dengan memperhatikan potensi wilayah Provinsi Banten itu sendiri.

"Sehingga dengan potensi yang dimiliki ketahanan pangan kita, dan roda perekonomian akan terus berjalan,” lanjutnya.

Sementara Presidium FSPP Provinsi Banten M. Shodiqin menyampaikan, musyawarah ini bertujuan mengevaluasi kinerja forum. Sehingga Pondok Pesantren ke depan mampu mengoptimalkan potensi internal maupun eksternal.

"Musyawarah ini akan mengevaluasi kinerja kita dan mengambil pokok-pokok pelajaran dan kita tuangkan sebagai pedoman langkah mencapai kesuksesan di hari yang akan datang,” pungkasnya.

Sumber: bantenprov.go.idrajamedia

Komentar: