Banten

Parlemen

Politik

Hukum

Ekbis

Peristiwa

Olahraga

Calon Dewan

Nasional

Dunia

Gaya Hidup

Opini

Al Muktabar: Selama Pemilu Berlangsung Tim Kesehatan Siaga 24 Jam

Laporan: Iyan Sopian
Rabu, 14 Februari 2024 | 16:50 WIB
Pj Gubernur Banten Al Muktabar saat pemantauan Tim Kesehatan di Puskesmas Pancur Kecamatan Taktakan Kota Serang. (Foto: Repro)
Pj Gubernur Banten Al Muktabar saat pemantauan Tim Kesehatan di Puskesmas Pancur Kecamatan Taktakan Kota Serang. (Foto: Repro)

 RMBANTEN.COM - Pemili, Serang - Tim Kesehatan di wilayah Provinis Banten siaga 24 jam selama pelaksanaan Pemilu 2024.

Pernyataan itu disampaikan Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar usai pemantauan Tim Kesehatan di Puskesmas Pancur Kecamatan Taktakan Kota Serang, Rabu (14/2).

Al Muktabar dalam kesempatan itu melaksanakan monitoring bersama unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Banten dan Tim Monitoring Desk Pemilu 2024 Provinsi Banten.

Menurut Al Muktabar, kunjungan tersebut dalam rangka memastikan kesiapan petugas kesehatan. Berdasarkan pemantauan Tim Kesehatan Puskesmas Pancur sudah siaga.

"Para dokter siap dan akan mengatur jadwal dengan format kerjanya di shift," katanya.  

Al Muktabar mengatakan, layanan yang diberikan pada tingkat Puskesmas adalah menstabilkan. Bila terjadi sesuatu, kemudian dirujuk ke RSUD Kota Serang.

"Atau, bila perlu dilakukan tindakan-tindakan tertentu akan dirujuk ke RSUD Banten," katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Al Muktabar juga mengimbau seluruh tenaga kesehatan untuk menjaga stamina agar bisa melayani penyelenggara Pemilu 2024 dengan baik.

"Kepada tenaga kesehatan perlu mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya," ungkapnya.

Siaga 24 Jam

Kepala Puskesmas Pancur Kecamatan Taktakan Kota Serang, Neng Wulan, mengatakan, pihaknya siap melayani petugas selama 24 jam. Untuk petugas kesehatan sendiri telah siaga sebanyak 26 orang.

Dirinci, Neng Wulan, 2 orang dokter umum, 1 orang dokter gigi, 15 orang bidan, 4 orang perawat, 1 orang apoteker, 1 orang asisten apoteker, 1 orang analis kesehatan, dan 1 orang pengemudi.

Sementara sarana yang disediakan adalah ruang pemeriksaan, ruang Unit Gawat Darurat (UGD, serta 1 (satu) unit mobil ambulan.

Neng Wulan mengatakan, di wilayah kerja Puskesmas Pancur meliputi Kelurahan  Pancur, Sayar, Kuranji, Kalang Anyar, dan Sepang.

Selain memberikan layanan di Puskesmas, lanjutnya, pihaknya juga memberikan layanan kesehatan keliling ke TPS-TPS.

"Kami keliling mengunjungi TPS-TPS di wilayah pelayanan Puskesmas Pancur. Untuk menjaga stamina anggota KPPS, pihaknya memberikan suplemen vitamin," demikian tutup Neng Wulan.

Sumber: bantenprov.go.idrajamedia

Komentar: