Banten

Parlemen

Politik

Hukum

Ekbis

Peristiwa

Olahraga

Calon Dewan

Nasional

Dunia

Gaya Hidup

Opini

Salurkan Bansos di Tangsel, Pj Gubernur Banten Sebut Dari Rakyat Oleh Untuk Rakyat

Laporan: Tim Redaksi
Kamis, 08 Februari 2024 | 18:31 WIB
Pj Gubernur Banten AL Muktabar menyalurkan Bansos di Kota Tangerang Selatan. (Foto: Repro)
Pj Gubernur Banten AL Muktabar menyalurkan Bansos di Kota Tangerang Selatan. (Foto: Repro)

RMBanten.com - Bansos, Tangsel - Pemprov Banten kembali menyalurkan bantuan sosial (Bansos). Kali ini bansos diberikan untuk masyarakat Kota Tangerang Selatan. Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar menyalurkan langsung bansos di halaman kantor Kecamatan Pondok Aren, Rabu, (7/2).

Bansos dari Pemrov merupakan rangkaian Ekspedisi Reformasi Birokrasi Tematik Berdampak Pemerintah Provinsi Banten di Kota Tangerang Selatan.

Menurut Al Muktabar, penyaluran bantuan sosial merupakan implementasi dari berbagai aspirasi masyarakat. Sehingga menjadi program Pemprov yang akan dipertahankan dan dioptimalkan.

"Beragam jenis bantuan yang kita berikan di 8 kabupaten/kota termasuk Kota Tangerang Selatan ini dan bantuan itu menjawab apa yang bapak ibu usulkan,” ujar Al Muktabar.

Al Muktabar menyebutkan, pengusulan penyaluran bantuan  ini dilakukan dengan pendekatan ottom up, dimana seluruh usulan dan pengelolaan program berasal dari masyarakat yang dituangkan kedalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Banten.

"Sebelumnya kita telah memformulasikan perencanaannya yang dituangkan ke APBD Provinsi Banten bersama DPRD. Dimana bantuan ini berasal dari rakyat oleh rakyat dan untuk rakyat,” lanjutnya.

Al Muktabar berharap bantuan ini dapat meningkatkan kemandirian masyarakat. Sehingga mampu percepatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat.

"Kita tingkatkan layanan dasar kesehatan, pendidikan dan infrastruktur lainnya. Karena kita bersama-sama untuk pembangunan Provinsi Banten sehingga menghasilkan masyarakat sejahtera”, katanya.

Sementara, Kepala Dinas Sosial Provinsi Banten Nurhana berharap kepada masyarakat penerima bantuan agar bantuan yang diberikan dapat digunakan sesuai kebutuhan dan peruntukannya sehingga bantuan sosial ini bermanfaat bagi masyarakat

"Jangan dilihat dari nilai besarannya tapi lihat dari kebersamaannya, bahwa pemerintah hadir memenuhi apa yang dibutuhkan masyarakat," pungkasnya.

Sebagai informasi, Pemprov Banten telah menyalurkan bantuan sosial di 8 kabupaten/kota. Kota Tangerang Selatan merupakan titik terakhir dari rangkaian ekspedisi reformasi birokrasi tematik berdampak  putaran 1 di Provinsi Banten Tahun 2024.

Bantuan sosial yang disalurkan di Kota Tangerang Selatan ini diantaranya bantuan bagi penyandang disabilitas, bantuan jaminan sosial, bantuan usaha ekonomi kreatif, bantuan anak stunting, bantuan kemiskinan ekstrem dan penyerahan sertifikat Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) bagi UMKM.

Sumber: bantenprov.go.idrajamedia

Komentar: