Banten

Parlemen

Politik

Hukum

Ekbis

Peristiwa

Olahraga

Calon Dewan

Nasional

Dunia

Gaya Hidup

Opini

Pemkab Tangerang Dapat Hibah Kapal Penyedot Sampah Neon Moon II dari Coldplay

Laporan: RMN
Minggu, 19 November 2023 | 19:04 WIB
Band Coldplay berkerjasama dengan The Ocean Cleanup menghibahkan kapal penyedot sampah kepada Pemkab Tangerang. (Foto: Dok Pemkab)
Band Coldplay berkerjasama dengan The Ocean Cleanup menghibahkan kapal penyedot sampah kepada Pemkab Tangerang. (Foto: Dok Pemkab)

RMBanten.com - TangKab - Pemerintah Kabupaten Tangerang menerima bantuan kapal jenis Interceptor yang diberi nama Neon Moon II. Bantuan kapal tersebut diberikan Band Coldplay yang berkerjasama dengan The Ocean Cleanup.

Kapal bantuan Coldplay itu akan ikut mengatasi masalah lingkungan di sungai Cisadane. .

CEO The Ocean Cleanup, Boyan Slat menjelaskan, Pemerintah Kabupaten Tangerang menjadi penerima hibah karena berkaitan dengan muara Sungai Cisadane. Alat ini bisa mengurangi sampah khususnya sampah plastik yang masuk ke laut.    

"Dari hasil observasi yang kami lakukan, kapasitas sampai di sungai Cisadane sangat besar sehingga kami yakini keberadaan interceptor yang kami buat akan sangat bermanfaat," jelas Boyan, mengutip laman tangerangkab.go.id, Minggu (19/11).

Boyan menjelaskan, biaya pembuatan Neon Moon II yang merupakan generasi ketiga ini mencapai 777.000 dolar AS atau sekitar Rp12 miliar.

Salah satu penyokong terbesar pembuatan invertor dengan teknologi terbaru ini berasal dari Band Coldplay.

"Coldplay telah memberikan kontribusi yang sangat besar bagi kami untuk pembuatan Neon Moon II ini termasuk Neon Moon I yang diluncurkan di Malaysia. Kami sangat senang bisa mengajak Coldplay untuk bersama sama memerangi sampah plastik di laut yang ada di Asia," jelasnya.

Sementara, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Tangerang, Fachrul Rozi, mengaku senang bisa mendapatkan bantuan kapal penyedot sampah dari The Ocean Cleanup.

Menurut Fachrul keberadaan alat ini tentunya bisa sangat membantu mengurangi sampah di laut.

"Pemerintah Kabupaten Tangerang sangat mengapresiasi bantuan kapal penyedot sampah yang diberikan The Ocean Cleanup termasuk kepada band Coldplay selaku penyumbang dana pembuatan kapalnya," ujar Fachrul Rozi.

Fachrul menyiapkan beberapa pegawai sebagai operator untuk mengoperasikan kapal penangkap sampah tersebut. Sebelum bertugas, mereka akan diberikan pelatihan dahulu agar bisa mengoperasikan kapal penangkap sampah dengan baik.

“Kami saat ini tengah menyiapkan orang untuk mengikuti pelatihan pengoperasian Interceptor yang akan diberikan The Ocean Cleanup,” pungkasnya.rajamedia

Komentar: