Banten

Parlemen

Politik

Hukum

Ekbis

Peristiwa

Olahraga

Calon Dewan

Nasional

Dunia

Gaya Hidup

Opini

Panji Gumilang Dicecar 55 Pertanyaan Untuk Kasus Dugaan Pencucian Uang

Laporan: RMN
Jumat, 10 November 2023 | 23:52 WIB
Tersangka dugaan kasus TPPU, Panji Gumilang diperiksa selama 5 jam. (Foto: Repro)
Tersangka dugaan kasus TPPU, Panji Gumilang diperiksa selama 5 jam. (Foto: Repro)

RMBanten.com - Polhukam - Pimpinan Pondok Pesantren Alzaytun, Panji Gumilang telah diperiksa Penyidik Direktorat Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus (Dittiipideksus) Bareskrim Polri sebagai tersangka tindak pidana penggelapan, yayasan, dan pencucian uang di Kejaksaan Negeri Indramayu, Jawa Barat pada Kamis, 9 November 2023.

Kepala Sub-Direktorat (Kasubdit) III Dittipideksus Bareskrim Polri Kombes Robertus Yohanes Dedeo mengatakan Panji diperiksa sekitar 5 jam terkait kasus TTPU serta penyimpangan pengelolaan aset.

"Kurang lebih pemeriksaan selama 5 jam dengan 55 pertanyaan," kata Kasubdit III TPPU Dittipideksus Bareskrim Polri Kombes Robertus Yohanes Dedeo saat dikonfirmasi, Jumat, 10 November 2023.

Dedeo menyebut ada sejumlah pertanyaan disampaikan penyidik untuk menggali tindak pidana yang dilakukan pimpinan ponpes terbesar di Indramayu itu. Salah satunya, terkait aliran dana, yang mencakup dalam penyalahgunaan dana yayasan.

"Sementara masih pemeriksaan awal, yang bersangkutan sebagai tersangka, masih sputar peran yang bersangkutan terkait peyimpangan dalam pengelolaan aset yayasan," ungkapnya.

Panji Gumilang ditetapkan sebagai tersangka kasus penggelapan, yayasan dan TPPU usai gelar perkara pada Kamis, 2 November 2023. Panji diketahui memiliki lima nama lain, yakni Abdussalam Panji Gumilang, Abdussalam Rasyidi Panji Gumilang, Abu Totok, Abu Ma'arik dan Samsul Alam.

Ada 144 rekening atas nama lima nama lain tersebut. Sebanyak 14 rekening di antaranya terdapat uang sejumlah Rp200 miliar. Kemudian, penyidik menganalisa dan diketahui bahwa Panji Gumilang menerima uang pinjaman Yayasan Pesantren Indonesia (YPI) dari Bank J Trust sebanyak Rp73 miliar pada 2019.

"Dana tersebut yang dipinjam oleh yayasan masuk ke dalam rekening pribadi APG dan digunakan untuk kepentingan APG," kata Dirtipideksus Bareskrim Polri Brigjen Whisnu Hermawan dalam konferensi pers di Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Kamis, 2 November 2023.

Menurut Whisnu, nilai transaksi dari 144 rekening yang terafiliasi dengan Panji itu mencapai Rp1,1 triliun. Meski begitu, penyidik masih mendalami terkait kerugian riil dari kasus penggelapan dana dan TPPU yang dilakukan Panji di YPI.

"Terkait dengan berapa secara riil kerugian yang ditimbulkan akibat adanya dugaan tindak pidana asal yaitu tindak pidana yayasan dan penggelapan dari perkara tersebut," ujarnya.

Panji dikenakan pasal berlapis. Pertama, Pasal 372 KUHP tentang Tindak Pidana Penggelapan. Kedua, Pasal 70 jo Pasal 5 Undang-undang (UU) Nomor 28 Tahun 2004 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2001 tentang Yayasan. Ketiga, Pasal 3 Pasal 4 Pasal 5 jo Pasal 10 UU Nomor 8 Tahun 2010 tentang Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU).

Panji juga berstatus terdakwa terkait kasus dugaan penistaan agama, ujaran, kebencian, dan pemberitaan bohong. Kasus penistaaan bermula atas adanya kabar di media sosial terkait kontroversi ajaran menyimpang yang diduga terjadi di Ponpes Al Zaytun.

Panji dijerat Pasal 14 Ayat 1 UU Nomor 1 Tahun 1946 dan atau Pasal 45a Ayat 2 Juncto Pasal 28 Ayat 2 UU ITE dan atau Pasal 156a KUHP dengan ancaman maksimal 10 tahun penjara. Dia yang ditahan di Kejaksaan Negeri Indramayu telah menjalani persidangan perdana di Pengadilan Negeri Indramayu pada Rabu, 8 November 2023.rajamedia

Komentar: