Banten

Parlemen

Politik

Hukum

Ekbis

Peristiwa

Olahraga

Calon Dewan

Nasional

Dunia

Gaya Hidup

Opini

Dapil Neraka Calon Dewan Banten III! WH, Rano Karno, Airin, Hary Tanoe hingga Dasco

Laporan: Iyan Sopian
Senin, 06 November 2023 | 19:27 WIB
Kolase Calon Dewan Banten III: Rano Karno, Wahidin Hali, Airin Rachmi Diani dan Sufmi Dasco Ahmad.
Kolase Calon Dewan Banten III: Rano Karno, Wahidin Hali, Airin Rachmi Diani dan Sufmi Dasco Ahmad.

RMBanten.com - Polhukam, Calon Dewan - Daftar Calon Tetap (DCT) bagi anggota DPR RI periode 2024-2029 telah diumumkan dan ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Melansir laman Disway, sebanyak 9.917 calon dewan dan untuk DPD RI sebanyak 668 calon masuk dalam DCT Pemilu 2024.

Pengumuman DCT telah dilakukan KPU melalui Konferensi Pers Penetapan DCT DPR RI dan DPD RI Pemilu 2024 di Media Centre KPU, Jumat 3 November 2023.

Berdasarkan PKPU 10/2023 tentang Pencalonan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten/Kota dan PKPU 11/2023 tentang Pencalonan Perseorangan Peserta Pemilu Anggota DPD.

Utuk Dapil (Daerah Pemilihan) Provinsi Banten terdapat 22 kursi untuk posisi anggota DPR RI periode 2024-2029.

Ke-22 kursi itu terbagi menjadi 6 kursi di dapil Banten I (Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Lebak), 6 kursi di dapil Banten II (Kota Serang, Kabupaten Serang, Kota Cilegon) dan 10 kursi di dapil Banten III (Tangerang Raya).

Sedangkan pada Banten III, ada 173 orang yang ditetapkan dalam DCT oleh KPU untuk adu nasib memperebutkan 10 kursi DPR RI tersebut. Untuk Dapil ini, disebut Dapil neraka, karena banyak orang-orang hebat dan tenar dengan namas besar, dari eks gubernur, eks walikota, hingga ketum partai nyalon dari partai ini.

Seperti adanya dua nama eks Gubernur Banten yaitu Rano Karno dan Wahidin Halim (WH).

Rano Karno yang merupakan petahana anggota DPR RI periode 2019-2024 dan eks Gubernur Banten periode 2014-2017 akan adu nasib kembali menjadi anggota DPR melalui PDI Perjuangan.

Sedangkan eks Gubernur Banten periode 2017-2023 Wahidin Halim melalui Partai Nasdem untuk memperebutkan kursi anggota DPR RI.

Nama besar lainnya, ada eks Wali Kota Tangerang Selatan dua periode Airin Rachmi Diany. Ia maju menjadi caleg melalui Partai Golkar dengan nomor 1.

Airin ditengarai ditempatkan di DCT, oleh Partai Golkar untuk mendulang 2 kursi DPR RI dari Dapil Banten III.

Sementara anggota DPR RI petahana dari Golkar, Andi Ahmad Dara mendapat nomor urut 2 atau di bawah Ketua Umum Kesatuan Perempuan Partai Golkar (KPPG) itu.

Selain itu, ada pentolan partai politik tanah air ikut meramaikan Dapil Banten III.

Mereka yaitu Ketua Umum DPP Partai Perindo Hary Tanoesudibjo, Ketua DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad dan Anggota Dewan Pembina DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Isyana Bagus Oka.

rajamedia

Komentar: