Banten

Parlemen

Politik

Hukum

Ekbis

Peristiwa

Olahraga

Calon Dewan

Nasional

Dunia

Gaya Hidup

Opini

Investigasi KNKT: Rem Tangan Mengunci, Sistem Rem Udara Normal Dan Ketebalan Ban Bagus

Bus Duta Wisata Terjun Ke Sungai di Guci

Laporan: CAREP-01
Kamis, 11 Mei 2023 | 01:42 WIB
Foto: Repro Metro TV
Foto: Repro Metro TV

RMBanten.com - Tegal - Tim Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) telah melakukan investigasi terhadap Bus milik PO Duta Wisata yang membawa rombongan asal Tangerang Selatan (Tangsel) yang terjun ke sungai di objek wisata Guci Tegal.

lnvestigasi KNKT bersama pihak terkait dilakukan di halaman Dishub Kabupaten Tegal, lokasi bangkai bus PO Duta Wisata asal Tangsel diamankan setelah dievakuasi dari jurang kawasan Guci.

Selain terhadap bus Duta Wisata yang rumornya terjun ke jurang lantaran bocah mainkan rem tangan bus yang sedang parkir itu, investigasi KNKT juga dilakukan di tempat kejadian perkara (TKP) kecelakaan.

KNKT bersama Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) melakukan pengecekan kelayakan kendaraan (bus) Hino bernomor polisi B 2760 CGA tersebut.

Terungkap dari investigasi sementara terkait penyebab kecelakaan bus terjun jurang di Guci lantaran ulah anak kecil yang memainkan rem tangan, terbantahkan.

Senior Investigator KNKT, Ahmad Wildan, bahwa kondisi rem tangan di bus dalam posisi mengunci.

"Dari hasil temuan tim diketahui handbrake (rem tangan) dalam posisi mengunci atau berfungsi dengan baik, namun kami akan mengukur kemampuan handbrake menahan beban yang akan dilakukan di laboratorium Hino," ujar Wildan.

Karenanya, Wildan mengatakan bahwa kemungkinannya sangat kecil jika penyebab kecelakaan tersebut karena ulah bocah.

"Berdasarkan temuan tim di lapangan, tuas rem tangan dalam kondisi ditarik pengemudi bus. Pada saat diangkat roda juga terkunci dan bus meluncur melambat atau tertahan handbrake," ungkapnya.

Investigasi di halaman Dishub Kabupaten Tegal yang juga dihadiri penguji Dirjen Perhubungan Darat dan Sub kordinator keselamatan LLAJ Dishub Provinsi Jawa Tengah itu, KNKT menemukan kondisi rem tangan yang layak.

Begitu juga dengan Ketebalan ban pada bus PO Duta Wisata, dalam kondisi yang masih layak pakai.

Sedangkan ketebalan kampas rem diketahui dalam kondisi yang masih baik atau dapat bekerja normal, termasuk dengan sistem mekanis pengereman pada bus.

"Termasuk tromol masih dalam kondisi normal dan standar serta sistem Full Peneumatic (atau sistem rem udara) pada kendaraan tersebut juga masih bagus," ungkap Kabidhumas Polda Jawa Tengah, Kombes Pol M Iqbal Alqudusy.

Diberitakan sebelumnya, telah terjadi kecelakaan bus PO Duta Wisata asal Tangsel terjun di objek wisata Guci, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Minggu 7 Mei 2023.

Pada saat kejadian, ada sebanyak 38 penumpang yang berada di dalam bus tersebut.

Dua orang dinyatakan meninggal dunia dalam kecelakaan bus terjun di jurang Guci dan 23 penumpang lainnya lula-luka.rajamedia

Komentar: