Banten

Parlemen

Politik

Hukum

Ekbis

Peristiwa

Olahraga

Calon Dewan

Nasional

Dunia

Gaya Hidup

Opini

Pakai Sepeda Motor, Al Muktabar Bersama Forkopimda Patroli Jalur Mudik

Laporan: RMN
Jumat, 14 April 2023 | 05:53 WIB
Pj Gubernur Banten Al Muktabar Bersama Forkopimda melaksankan Patroli Jalur Mudik. (Foto: Repro)
Pj Gubernur Banten Al Muktabar Bersama Forkopimda melaksankan Patroli Jalur Mudik. (Foto: Repro)

RMBanten.com - Cilegon - Sebagai upaya pemerintah memastikan persiapan menyambut arus mudik Lebaran Tahun 2023, terutama jalur pemudik yang akan digunakan kendaraan roda dua, Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Banten melakukan patroli jalur mudik dari Markas Polda (Mapolda) Banten menuju Pelabuhan Ciwandan, Kota Cilegon, Kamis (13/4).

Al Muktabar, melaksanakan Patroli jalur mudik di wilayah Provinsi Benten menggunakan sepeda motor listrik Polda Banten.

Dalam kesempatan itu Al Muktabar mejelaskan, patroli tersebut sebagai upaya Pemerintah memastikan persiapan menyambut arus mudik Lebaran Tahun 2023, terutama jalur pemudik yang akan digunakan kendaraan roda dua.

"Kita mengecek sepanjang jalan untuk memastikan persiapan  menyambut mudik lebaran, yang secara khusus kita sore ini menguji untuk jalur kendaraan roda dua," ungkap Al Muktabar di Pelabuhan Ciwandan, Kota Cilegon.

Selain melakukan patroli pengecekan jalur mudik untuk kendaraan roda dua, Kapolda Banten juga melakukan uji coba ticketing di Pelabuhan Ciwandan.

"Dalam jalur perjalanan tadi kita melihat kesiapan sudah dilakukan secara baik, tadi juga Pak Kapolda menguji ticketing," katanya.

Hal tersebut dilakukan untuk memastikan persiapan menyambut arus mudik dan sebagai upaya Pemerintah hadir dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

"Mudah-mudahan ini menjadi upaya kita untuk Pemerintah hadir dalam rangka melayani mudik lebaran," imbuhnya.

Sementara, Kapolda Banten Irjen Pol Rudy Heriyanto menyampaikan patroli tersebut dilakukan untuk mengecek kesiapan anggota termasuk rambu-rambu. Untuk tahun ini kendaraan roda dua tidak dilayani di pelabuhan merak, tetapi dilayani di Pelabuhan Ciwandan.

"Karena ini hal baru, maka kami berusaha memberikan pelayanan yang terbaik, oleh karena itu kami menyusuri sebenarnya jalur mudik sampai ke Ciwandan," ujarnya.

Selain melakukan patroli jalur arus mudik, pihaknya juga mencoba proses ticketing di Pelabuhan Ciwandan, sehingga dirinya meminta kepada para pemudik untuk dapat menyiapkan tiket sehari sebelum waktu pemberangkatan. Hal itu untuk memperlancar proses penyeberangan.

"Saya harap para pemudik untuk benar-benar menyiapkan tiket sehari sebelumnya. Jangan beli tiketnya saat mau berangkat atau go show, jadi persiapkan tiketnya agar pada saat ke Pelabuhan Ciwandan sudah ada tiket untuk memperlancar kita semua," imbuhnya.

Tidak hanya itu, ia juga berpesan kepada para pemudik yang menggunakan roda dua untuk dapat berhati-hati selama diperjalanan.

"Saya mengingatkan karena di Pelabuhan Ciwandan ini untuk kendaraan roda dua dan truk, maka saya harap pemudik untuk dapat berhati-hati dan membutuhkan kewaspadaan lebih," jelasnya

"Namun demikian, kami akan ada dilapangan disetiap perlintasan dan jalur. Mulai Polri, TNI dan termasuk dari Pemerintah Provinsi Banten sudah siap sehingga untuk menjaga keamanan pemudik sampai masuk ke Kapal Insyaallah kami siap," tandasnya.

Sebagai informasi, pada kesempatan tersebut Al Muktabar bersama dengan Kapolda Banten Irjen Pol Rudy Heriyanto, Danrem 064/MY Brigjen TNI Tatang Subarna, Komandan Lanal Banten Kolonel Laut (P) Dedi Komarudin, Wakapolda Banten Brigjen Pol. M. Sabilul Alif beserta yang lainnya melakukan patroli pengecekan jalur arus mudik menggunakan sepeda motor dengan rute Mapolda Banten- Terminal Pakupatan- Alun-alun Kota Serang- Kramatwatu- Simpang Lampu Merah PCI- Simpang Raya Anyer-Cigading- Pelabuhan Ciwandan- Jalur Lingkar Selatan (JLS) Kota Cilegon.rajamedia

Komentar: