Banten

Parlemen

Politik

Hukum

Ekbis

Peristiwa

Olahraga

Calon Dewan

Nasional

Dunia

Gaya Hidup

Opini

Sedang Dalam Perbaikan, Diskominfo Tangerang Umumkan SIMRAL Alami Gangguan

Laporan: Firman
Sabtu, 11 Maret 2023 | 17:49 WIB
Foto: Ilustrasi
Foto: Ilustrasi

RMBanten.com, Tangerang - Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tangerang, mengumumkan adanya gangguan pada salah satu storage server pada Sistem Informasi Manajemen Perencanaan, Penganggaran, dan Pelaporan (SIMRAL).

Saat ini Pemerintah Kabupaten Tangerang sedang melakukan upaya terbaik untuk menangani situasi tersebut.

Menurut Kepala Diskominfo Kabupaten Tangerang, Nono Sudarno, pihaknya Pada tanggal 7 Maret 2023 mendeteksi adanya masalah pada storage server yang mempengaruhi akses ke database. Salah satu aplikasi yang terdampak diantaranya adalah aplikasi SIMRAL.

"Tim teknis kemudian melakukan investigasi dan menemukan bahwa gangguan tersebut disebabkan oleh kerusakan pada salah satu hard disk,” ujar Nono dikutip dari laman Pemkab Tangerang, Sabtu (11/3).

Dijelaskan Nono, SIMRAL merupakan sebuah sistem yang dibangun untuk mengintegrasikan penerapan perencanaan pembangunan.

Aplikasi ini merupakan salah inovasi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang digunakam untuk membangun tertib administrasi dan terjaganya konsistensi data pembangunan daerah.

SIMRAL ini kata Nono, juga digunakan untuk melakukan pengelolaan APBD, perencanaan, penganggaran dan pelaksanaan, pelaporan dan pertanggungjawaban, serta audit pengawasan.

"Perihal adanya gangguan pada sistem tersebut, Kadiskominfo menyebut sejak tanggal 7 Maret 2023 pun pihaknya juga langsung melakukan upaya pemulihan terhadap sistem storage yang terkendala. Akan tetapi proses pemulihan yang dilakukan belum berhasil," ujarnya.

"Saat ini sedang dilakukan upaya maksimal untuk memulihkan server storage ke keadaan normal secepat mungkin. Kami bekerja sama dengan perusahaan yang memiliki spesialisasi dalam hal Data Recovery untuk menyelesaikan perbaikan,” sambungnya

Nono menyampaikan permohanan maaf meminta maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan oleh situasi tersebut.

"Kami juga terus memantau situasi dan memberikan informasi terbaru tentang pemulihan server storage tersebut. Kami akan terus menyampaikan pembaruan informasi secepat mungkin,” demikian tutup Nono..rajamedia

Komentar: