Banten

Parlemen

Politik

Hukum

Ekbis

Peristiwa

Olahraga

Nasional

Dunia

Gaya Hidup

Opini

Studi Ke Kota Tangerang, TP PKK Kota Gorontalo Terkesan Kampung Tematik

Laporan: RMN
Selasa, 11 Oktober 2022 | 02:50 WIB
Studi TP PKK Kota Gorontalo ke TP PKK Kota Tangerang/Repro
Studi TP PKK Kota Gorontalo ke TP PKK Kota Tangerang/Repro

RMBanten.com, TangKot - Tim Penggerak (TP) PKK Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo melakukan Kunjungan Kerja dan Studi ke TP PKK Kota Tangerang.

Kunker TP PKK Kota Gorontalo itu dalam rangka untuk meningkatkan kompetensi dan pengetahuan terkait kinerja dunia Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK).

Acara berlangsung di Gedung Nyimas Melati Kota Tangerang, Senin (10/10).

Ketua TP PKK Kota Tangerang, Aini Suci Wismansyah, bersama Kepala DP3AP2KB Kota Tangerang Jatmiko serta seluruh jajaran PKK Kota Tangerang hingga 13 Kecamatan menerima langsung kunjungan tersebut.

Dalam kesempatan itu Ketua III Bidang Penguatan Ketahanan Keluarga PKK, Kota Gorontalo, Suhardi Daud mengungkapkan, kegiatan ini merupkan kunjungan pertama ke Kota Tangerang.

Menurutnya, hasil diskusi denga TP PKK Kota Tangerang, ilmu terkait Kampung Tematik adalah hal yang menarik untuk ditiru oleh Kota Gorontalo.

"Kalau di Kota Gorontalo namanya Kampung KB. Namun, konsep Kampung Tematik yang terbentuk di Kota Tangerang dengan berbagai sektor, mulai sosial, lingkungan hingga ekonomi, rasanya bagus sekali untuk ditiru. Apalagi Kota Tangerang menggunakan konsep level kampung kumuh menjadi kampung bersih. Sehingga, kamu yang tertinggal bisa semangat dan termotivasi untuk bangkit menjadi kampung maju,” ungkap Suhardi.

Lebih lanjut, Suhardi mengaku, PKK Kota Gorontalo kagum dengan kinerja PKK Kota Tangerang yang terlibat diberbagai sektor.

Seperti bidang kesehatan, yang ikut terlibat dalam capaian imunisasi anak, bidang ekonomi melalui UP2K dengan kemandirian UMKM, serta lingkungan lewat program Kampung Tematik.

"Kami tertarik untuk melakukan kunjungan lanjutan, yang bisa melihat ke lapangan langsung. Merasakan keberhasilan gerakan PKK Kota Tangerang di masyarakatnya langsung," ujarnya.

"Kampung Tematik salah satu yang patut dicontoh, dan segera di implementasikan di Kota Gorontalo. Tentu dengan kultur yang ada di Kota Gorontalo juga,” sambung Suhardi.

Sementara itu, Ketua PKK Kota Tangerang, Aini Suci Wismanyah, menyatakan PKK Kota Tangerang selalu terbuka dengan kota kabupaten lainnya, untuk sama-sama belajar terkait pengembangan pergerakan PKK, untuk pelayanan masyarakat dan kemajuan Kota Tangerang yang lebih baik.

Dijelaskan Aini, selain melakukan diskusi atau studi tiru, PKK Kota Tangerang juga menjajaki produk-produk unggulan UMKM Kota Tangerang, dari 13 Kecamatan.

"PKK Kota Tangerang prinsipnya, disetiap acara harus mendorong pergerakan UMKM. Dengan itu, apa pun acanya, terlebih kunjungan luar kota seperti ini produk UMKM Kota Tangerang harus hadir," ujarnya.

"Tak hanya belanja oleh-oleh Kota Tangerang saat kunjungan saja. Mereka yang suka, selanjutnya bisa repeat order, produk siap kirim ke Gorontalo,” demikian Aini.rajamedia

Komentar: