Banten

Parlemen

Politik

Hukum

Ekbis

Peristiwa

Olahraga

Calon Dewan

Nasional

Dunia

Gaya Hidup

Opini

Panen Demplot Mina Padi, Zaki: Sekali Panen, Dapat 2 Komoditi

Laporan: CM-1
Sabtu, 03 September 2022 | 03:38 WIB
Bupati Ahmed Zaki Iskandar saat memanen padi Demplot/Repro
Bupati Ahmed Zaki Iskandar saat memanen padi Demplot/Repro

RMBanten.com, Tangkab - Panen padi Demplot Mina Padi dilaksanakan Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar di Desa Buaran Bambu Kecamatan Pakuhaji, Jumat (2/9).

Dikatakan Zaki, panen padi tersebut merupakan terobosan dan inovasi luar biasa, yang dilakukan oleh petani, kelompok tani, dan penyuluh pertanian di Pakuhaji.

Sekali panen, petani dapat mendapatkan dua komoditi.

"Alhamdulillah hari ini kita bisa datang ke Buaran Bambu dengan demplot mina padi, di mana ada model sawah circle yang digabungkan antara padi dengan juga tambak ikan. Ini merupakan suatu terobosan inovasi yang mudah-mudahan nanti bisa diikuti oleh daerah lain," ujar

Lanjut Zaki, tantangan sistem demplot mina padi salah satunya adalah ketersediaan airnya harus di atas rata-rata sawah biasa.

Namun dengan ketersediaan air yang lebih tersebut bisa mempercepat umur panennya, yakni sekitar 3 bulan dari penanaman sudah bisa dipanen, begitu juga dengan ikannya.

"Ada beberapa tantangan seperti hama wereng dan juga hama berang-berang, karena ada padi dan juga ikan di sini. Tetapi mudah-mudahan paling tidak salah satu inovasi bentuk terobosan program ketahanan pangan ini, bisa berjalan di Kecamatan Pakuhaji dan bisa diikuti oleh yang lain," harapnya.

Bupati juga mengucapkan terima kasih kepada para petani dan penyuluh pertanian karena di tangan mereka, ketahanan pangan bisa berjalan di Kabupaten Tangerang.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tangerang, Asep Jatnika, menjelaskan, kegiatan panen bersama Bupati Tangerang dilakukan di atas lahan seluas 5.000 meter atau setengah hektare.

Menurut Asep, deplot mina padi tersebut, dalam 1 lokasi budidaya terdapat 2 komoditi.

"Jadi komoditi itu adalah padi dan ikan. Dalam satu kali panen, kita dapat 2 komoditi. Insya Allah dengan budidaya model ini, petani akan lebih banyak menerima keuntungan, sehingga petani bisa lebih sejahtera," jelas Asep.

Menurut dia, produktivitas padi di atas lahan 5.000 meter kurang lebih sekitar 4 ton padi, untuk ikan sekitar 400 kilo atau 4 kuintal.

"Ke depan untuk demplot mina padi ini akan terus kita kembangkan, diawali dengan 5.000 meter, kita berencana akan kembangkan terus sampai dengan 5 hektar. Mudah-mudahan kita ke depan bisa berhasil agar program ini bisa berkelanjutan sehingga petani kita akan sejahtera dan mendapatkan hasil yang memuaskan," demikian Asep seperti dilansir dari laman Pemkab Tangerang.rajamedia

Komentar: