Banten

Parlemen

Politik

Hukum

Ekbis

Peristiwa

Olahraga

Nasional

Dunia

Gaya Hidup

Opini

Mobil Damkar Berbondong-bondong Ke ITC BSD, Kebakaran?

Laporan: Rizki Ahmad Suhaedi
Rabu, 31 Agustus 2022 | 17:04 WIB
Simulasi penanganan kebakaran di ITC BSD/RAS
Simulasi penanganan kebakaran di ITC BSD/RAS

RMBanten.com - Sejumlah mobil operasinal pemadam kebakaran dari Kota Tangsel dan BSD membunyikan sirene ke pusat perbelanjaan ITC BSD pada Rabu, (31/8/2022) pagi.

Terlihat asap hitam membumbung tinggi di jalan parkiran meuju roof top. Petugas Damkar bergegas mendatangi sumber api. Di lokasi terlihat kendaraan yang terbakar.

Namun itu bukan sungguhan. Hanya simulasi kebakaran yang digelar managemen ITC BSD. Simulasi ini untuk penanggulangan bahaya kebakaran dengan melibatkan seluruh Mitra Bisnis ITC BSD, Management office serta tenant - tenant yang berada di ITC BSD, baik F&B maupun Non-F&B.  

Tim Pengawasan dan pengendalian Bahaya kebakaran Kota Tangerang Selatan, Cecep mengatakan selain simulasi evakuasi/total evacuation, juga dilaksanakan penanganan kebocoran gas LPG oleh tim Damkar Kota Tangerang Selatan.

"Kegiatan untuk membangun awareness tentang bahaya kebakaran. Gedung ITC BSD memberikan contoh positif penanganan bahaya kebakaran. Harapannya adalah seluruh peserta yang terlibat kegiatan ini agar semakin waspada terhadap bahaya kebakaran," katanya.

Sementara Tim Safety ITC BSD, Maryono mengatakan, penanggulangan kebakaran ini dilakukan pembelajaran step by step, apa saja yang perlu dilakukan ketika kebakaran itu terjadi. Yang perlu diketahui dalam pemaparan yang disampaikan oleh tim Damkar, bahwa aliran listrik yang pertama kali harus dipadamkan secepatnya. Selanjutnya melakukan tindakan pemadaman dengan Apar dan kain basah apabila skala api masih dalam tingkat kecil atau dapat dijangkau dengan alat tersebut.

Selanjutnya dari petugas pemadam membunyikan sirine gawat darurat sebagai tindakan cepat evakuasi untuk menekan timbulnya korban. Evakuasi dilakukan cepat dengan jalur yang sudah ditentukan dan diarahkan menuju titik kumpul di area yang luas dan terbuka yang sudah ditentukan.

"Diharapkan kegiatan simulasi ini memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat terutama dalam rangka pencegahan dan tindakan pertolongan pertama pada bencana kebakaran," ujarnya.rajamedia

Komentar: