Banten

Parlemen

Politik

Hukum

Ekbis

Peristiwa

Olahraga

Calon Dewan

Nasional

Dunia

Gaya Hidup

Opini

Jenderal (Purn) Prabowo Subianto: Terima Kasih Presiden Jokowi

Laporan: RMN
Rabu, 28 Februari 2024 | 17:03 WIB
Presiden Joko Widodo menyerahkan keputusan kenaikan pangkat istimewa Prabowo Subianto sebagai Jenderal  bintang empat. (Foto: Foto: BPMI Setpres)
Presiden Joko Widodo menyerahkan keputusan kenaikan pangkat istimewa Prabowo Subianto sebagai Jenderal bintang empat. (Foto: Foto: BPMI Setpres)

RMBANTEN.COM - Politik - Jenderal penuh, bintang empat resmi disandang  Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyematkan kenaikan pangkat itu saat Rapat Pimpinan TNI-Polri Tahun 2024 di Markas Besar TNI, Cilangkap, Jakarta, pada Rabu (28/2).

Pangkat yang diterima Prabowo bersifat istimewa dan kehormatan.

Atas kenaikan pangkat itu, Prabowo lantas menyampaikan ucapan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo

"Terima kasih kepada Presiden RI @jokowi atas anugerah dan kehormatan ini, terima kasih kepada Tentara Nasional Indonesia dan Kepolisian Republik Indonesia, serta seluruh prajurit TNI dan Polri di seluruh Indonesia," kata Prabowo melalui Instagram, Rabu 28 Februari 2024.
 
Prabowo mengaku sejak umur 18 tahun sudah mengucap sumpah untuk selalu setia kepada Negara, Bangsa Dan Rakyat Indonesia. Ia juga bersumpah mendharma bhaktikan dan mempersembahkan jiwa raga untuk negara.

"Sumpah itu yang akan saya selalu pegang," ujarnya.

Presiden Jokowi langsung menyematkan tanda pangkat kepada Prabowo. Jokowi berdalih pemberian ini atas dasar usulan dari Panglima TNI.

Sementara Panglima TNI berdasarkan implikasi atas Bintang Yudha Dharma Utama yang diterima Prabowo pada 2022 lalu. Prabowo dinilai berjasa dalam bidang pertahanan dan kemajuan TNI serta negara.

"Jadi semuanya memang berangkat dari bawah. Berdasarkan usulan Panglima TNI, saya menyetujui untuk memberikan kenaikan pangkat secara istimewa berupa Jenderal TNI Kehormatan," kata Jokowi di Mabes TNI, Jakarta, Rabu 28 Februari 2024.

Lebih lanjut, Presiden Jokowi menjelaskan bahwa penganugerahan pangkat secara istimewa berupa Jenderal TNI Kehormatan tersebut ia setujui usai diusulkan Panglima TNI.

"Panglima TNI mengusulkan agar Pak Prabowo diberikan pengangkatan dan kenaikan pangkat secara istimewa jadi semuanya memang berangkat dari bawah. Berdasarkan usulan Panglima TNI, saya menyetujui untuk memberikan kenaikan pangkat secara istimewa berupa Jenderal TNI Kehormatan,” tutur Presiden.

Dengan demikian, per hari ini, Prabowo resmi menyandang titel Jenderal TNI (HOR) di depan namanya. Dia menambah deretan purnawirawan TNI yang menerima penghargaan kenaikan pangkat istimewa jenderal kehormatan setelah Luhut Binsar Pandjaitan, Hendropriyono, Susilo Bambang Yudhoyono, dan Sarwo Edhie Wibowo.rajamedia

Komentar: