Banten

Parlemen

Politik

Hukum

Ekbis

Peristiwa

Olahraga

Calon Dewan

Nasional

Dunia

Gaya Hidup

Opini

Istana Buka Suara Terkait Pemberian Gelar 'Alumnus Memalukan' Dari BEM UGM

Laporan: Tim Redaksi
Minggu, 10 Desember 2023 | 13:14 WIB
Baner Presiden Jokowi yang dibuat mahasiswa UGM. (Foto: Repro)
Baner Presiden Jokowi yang dibuat mahasiswa UGM. (Foto: Repro)

RMBanten.com - Polhukam - Istana  buka suara  terhadap kritik BEM KM UGM terhada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Istana menyebut kritik dan pujian merupakan hal yang wajar dalam negara demokrasi.

Hal itu seperti disampaikan Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana menanggapi banner dengan gambar Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang dipasang Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Keluarga Mahasiswa (KM) Universitas Gadjah Mada (UGM).

BEM KM UGM memasang banner bertuliskan 'Penyerahan Nominasi Alumnus UGM Paling Memalukan' dengan gambar Presiden Joko Widodo (Jokowi) di depan Universitas Gadjah Mada (UGM), Sleman, Yogyakarta.

"Dalam negara demokrasi, yang namanya kritik, yang namanya pujian dan kepercayaan (trust) terhadap penyelenggara negara adalah hal yang wajar," ujar Ari melalui keterangan tertulis, Minggu (10/12).

Menurut Ari Dwipayana, dalam menilai kinerja pemerintah, ujarnya, ada pihak yang tidak puas ataupun puas. Namun, ia mengungkapkan, ada pula masyarakat yang sangat puas.

"Coba cek saja penilaian lembaga-lembaga survei terhadap kinerja presiden. Juga bisa cek aktivitas Presiden yang lebih sering turun ke lapangan, mendengarkan suara masyarakat," ujarnya.

Ari menilai upaya-upaya untuk menarik perhatian atau membangun opini ditengah kontestasi politik yakni pemilihan umum (pemilu), untuk kepentingan politik elektoral menurutnya sah-sah saja.

Menurutnya apapun bentuk opini yang dibangun terhadap kinerja pemerintah perlu diuji.

"Tapi, semua opini itu harus diuji dengan argumentasi, dengan fakta, dengan bukti," ucap Ari.

Istana menilai bahwa masukan ataupun kritik akan menjadi suplemen bagi pemerintah dalam meningkatkan kinerjanya.

"Input baik pujian ataupun kritik, akan selalu menjadi "vitamin" untuk meningkatkan kinerja pemerintahan sehingga dirasakan manfaatnya oleh masyarakat," demikian tutup Ari Dwipayana.rajamedia

Komentar: