Banten

Parlemen

Politik

Hukum

Ekbis

Peristiwa

Olahraga

Calon Dewan

Nasional

Dunia

Gaya Hidup

Opini

KPU Tetapkan Tiga Capres dan Cawapres 'Sah' Berlaga di Pilpres 2024, Nomor Urut Diumumkan Besok

Laporan: RMN
Senin, 13 November 2023 | 20:48 WIB
Konferensi pers KPU RI terkait penetapan 3 pasangan capres dan cawapres. (Foto: Tangkapan Layar)
Konferensi pers KPU RI terkait penetapan 3 pasangan capres dan cawapres. (Foto: Tangkapan Layar)

RMBanten.com - Polhukam - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI resmi menetapkan tiga pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) di Pilpres 2024. Ketiga capres dan cawapres ini ditetapkant telah memenuhi syarat.

Ketua Divisi Teknis KPU RI, Idham Holik menyampaikan penetapan itu saat konferensi pers di Kantor KPU RI, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (13/11).

"Telah dinyatakan memenuhi syarat sebagai pasangan calon presiden dan wakil presiden untuk pemilu serentak 2024," ujar Idham kepada awak media.

Adapun penetapan ketiga pasangan capres dan cawapres tersebut tertulis dalam Keputusan KPU RI Nomor 1632 Tahun 2023.

Sebelumnya, ketiga pasangan Capres-Cawapres telah menyerahkan berkas pendaftarannya kepada KPU RI pada 19-25 Oktober 2023 lalu.

Ketiga pasangan Capres-Cawapres yang dimaksud, yaitu Anies Baswedan-Abdul Muhaimin Iskandar yang mendaftar pada 19 Oktober 2023 lalu.

Menyusul pasangan Anies Baswedan-Abdul Muhaimin Iskandar atau Amin, Pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD pun juga ikut mendaftar di hari yang sama.

Sedangkan untuk pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka menyerahkan berkas pendaftarannya pada hari terakhir pendaftaran, yaitu 25 Oktober 2023 lalu.

Setelah menyerahkan berkas pendaftarannya, ketiga pasangan Capres-Cawapres tersebut pun langsung melakukan tes kesehatan.

Dari tes kesehatan tersebut, KPU RI menyatakan bahwa ketiganya telah lulus tes kesehatan dan mampu menjalani tugas sebagai presiden dan wakil presiden.

Pengundian nomor urut

Setelah penetapan tiga Capres dan Cawapres, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI akan melakukan pengundian dan penetapan nomor urut untuk ketiga pasangan Capres-Cawapres, besok, Selasa (14/11).

Adapun pengundian dan penetapan nomor urut tersebut juga tercantum dalam Pasal 234 Ayat 2.

Dalam pasal itu disebutkan bahwa rapat pleno KPU dilakukan secara terbuka untuk pengundian dan penetaoan nomor urut.

"Selanjutnya setelah penetapan ini KPU akan melaksanakan tahapan pengundian dan penetapan nomor urut pasangan calon presiden dan wakil presiden sebagaimana ketentuan yang terdapat di dalam Pasal 235 Ayat 2 acara rapat pleno KPU terbuka untuk pengundian serta penetapan nomor urut pasangan calon presiden dan wakil presiden," ujar Idham Holik.

"Sedangkan rencana pengundian tersebut akan digelar di kantor KPU pada Selasa 14 November 2023 jam 18.30 sampai dengan selesai," papar Idham.

Lebih lanjut, Idham Holik juga menjelaskan soal masa kampanye untuk para pasangan Capres-Cawapres.

Dia mengatakan bahwa masa kampanye tersebut akan dilakukan bersamaan dengan para calon anggota legislatif, yaitu pada 28 November 2023 mendatang.

"Masa kampanye untuk pasangan capres dan cawapres, sama halnya dengan masa kampanye untuk pemilu anggota legislatif yaitu akan dimulai pada tanggal 28 November 2023 dan akan berlangsung 75 hari ke depan atau sampai dengan tanggal 10 Februari 2024," tandasnya.rajamedia

Komentar: