Banten

Parlemen

Politik

Hukum

Ekbis

Peristiwa

Olahraga

Calon Dewan

Nasional

Dunia

Gaya Hidup

Opini

Tanam Benih Padi Khusus, DKPP Serang Siapkan Lahan Seluas 6.000 Hektare

Laporan: Iyan Sopian
Jumat, 13 Oktober 2023 | 07:25 WIB
Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah didampingi Kepala DKPP Suhardjo saat bincang dengan petani millenial. (Foto: Dok Humas Pemkab)
Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah didampingi Kepala DKPP Suhardjo saat bincang dengan petani millenial. (Foto: Dok Humas Pemkab)

RMBanten.com - Serang - Lahan persawahan sekitar 6.000 hektare yang akan ditanam benih padi khusus yang tahan kekeringan jenis Infari 32 tengah dipersiapkan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Serang.

Penyiapan lahan yang akan ditanam padi khusus itu sebagai kepercayaan dari Kementerian Pertanian usebagai sumbangsih ketahanan pangan nasional.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Serang Suhardjo, menyampaikan, bantuan dilakukan secara bertahap.

Tahap awal di Agustus 2023 lalu, Pemerintah Pusat sudah memberikan bantuan benih padi untuk lahan 1.000 hektare di Kecamatan Tunjungteja dan Mancak.

Untuk tambahan 5.000 hektare akan ditanam di Kecamatan Cikeusal, Kragilan Pabuaran, Kopo, Pontang, Baros Gunungsari, Puloampel, Bandung, Petir, Cinangka, Padarincang ,Pamarayan, Lebakwangi, dan Kibin.

"Jadi ada 6 ribu hektare yang dipersiapkan untuk ketahanan pangan nasional. Ini jadi sumbangsih ketahanan pangan nasional," kata Suhardjo.

Suhardjo menyebut, lahan seluas 6.000 hektare itu merupakan lahan yang  cocok dengan jenis padi tahan kekeringan jenis Infari 32.

Lebih lanjur Suhardjo menyampaikan, produksi padi di Kabupaten Serang setiap tahunnya selalu surplus dan memenuhi dari kebutuhan di dalam daerah.

Bahkan, melalui program penanganan benih padi khusus ini, Kabupaten Serang akan menyumbang ketahanan pangan nasional.

"Saya optimistis program ini akan berjalan sukses karena Kabupaten Serang memiliki banyak potensi pertanian," pungkasnya. [adv]rajamedia

Komentar: