Banten

Parlemen

Politik

Hukum

Ekbis

Peristiwa

Olahraga

Calon Dewan

Nasional

Dunia

Gaya Hidup

Opini

Geregetan 'Pengangguran' di Banten! Mantan Politisi PKS Ini Resmi Daftar DPD RI

Laporan: Firman
Selasa, 09 Mei 2023 | 11:40 WIB
Mantan anggota DPRD Provinsi Banten, Miftahudin  (paling kri) mendaftakan diri menjadi bakal calon anggota DPD RI, ke KPU Banten.  -
Mantan anggota DPRD Provinsi Banten, Miftahudin (paling kri) mendaftakan diri menjadi bakal calon anggota DPD RI, ke KPU Banten. -

RMBanten.com - Serang -  Mantan anggota DPRD Provinsi Banten, Miptahudin resmi mendaftarkan diri sebagai calon Anggota Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Republik Indonesia (RI).

Mantan politisi PKS itu mendaftarkan  ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Banten, Selasa (9/5).

Miptahudin mengaku, keikutsertaan dirinya berkompetisi sebagai calon Anggota DPD RI dilakukan guna berkontribusi sekaligus mengakomodasi aspirasi masyarakat Provinsi Banten.

Menurut Miftahudin, salah satu hal yang menjadi fokus perhatiannya adalah masalah pengangguran terdidik di Banten yang melampaui angka tingkat pengangguran di provinsi-provinsi lainnya.

"Kemarin dalam laporan Badan Pusat Statistik (BPS), tercatat Banten merupakan provinsi dengan tingkat pengangguran tertinggi. Di mana penganggurannya tercatat jauh di atas nasional. Mirisnya, angka pengangguran di dominasi lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan Diploma,” ujarnya.

Sebagai informasi, Badan Pusat Statistik (BPS), merilis per Februari 2023 ada sebanyak 7,99 juta atau 5,45 persen orang menganggur. Tingkat pengangguran ini tercatat jauh di atas angka rata-rata nasional. Meski mengalami penurunan di Februari 2022 sebesar 8,53 persen, tetapi masih tetap tertinggi di Indonesia.

Pengentasan pengangguran, kata Miptahudin merupakan pekerjaan rumah yang perlu segera diselesaikan. Pasalnya, pengentasan pengangguran erat kaitannya dengan kesejahteraan masyarakat di Provinsi Banten.

"Tingginya jumlah angka pengangguran akan memberikan dampak sosial bagi masyarakat Provinsi Banten yang dapat mendorong terjadinya peningkatan keresahan sosial dan kriminal,” ucapnya.

SDM dan Investasi

Miftahudin melihat, ada beberapa hal yang mesti diperhatikan, diantaranya soal pengembangan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), apakah kompetensi pencari kerja tidak sesuai dengan kebutuhan pasar kerja.

"Atau jangan-jangan iklim investasi di Provinsi Banten masih belum kondusif, karena adanya berbagai regulasi yang kurang ramah bagi pengembangan usaha. Tentu ini akan menghambat pemerataan pertumbuhan ekonomi nasional,” lanjutnya.

Padahal, kata Miptahudin, Banten memiliki potensi daerah yang strategis secara geografis.

"Selain sektor kelautan, pertanian, industri, Banten juga memiliki infrastruktur transportasi yang lengkap baik darat, laut dan udara. Tentu saja ini harusnya menjadi keunggulan Banten sebagai provinsi yang memiliki daya tarik bagi investor," jelasnya.

Hal inilah yang menjadi salah satu alasan Miptahudin memutuskan untuk menguatkan niat menuju DPD RI setelah sebelumnya mengabdikan diri menjadi Anggota DPRD Provinsi Banten.

Sebagai putra daerah yang lahir di tanah Banten, dirinya bertekad untuk tetap berbuat dan tetap bersahabat kepada siapa pun yang berkomitmen membangun provinsi yang dikenal sebagai tanah Jawara, menuju arah yang lebih baik.

"Jika saya mendapatkan amanah dari masyarakat Provinsi Banten, maka saya siap untuk bersama-sama membangun provinsi kita tercinta,” tutupnya.rajamedia

Komentar: