Banten

Parlemen

Politik

Hukum

Ekbis

Peristiwa

Olahraga

Calon Dewan

Nasional

Dunia

Gaya Hidup

Opini

Pelabuhan Ciwandan Dan Merak Disiapkan Atasi Penumpukan Arus Mudik 2023

Laporan: RMN
Senin, 10 April 2023 | 09:22 WIB
Karo Ops Polda Banten Kombes Pol Dedi Suhartono/Net
Karo Ops Polda Banten Kombes Pol Dedi Suhartono/Net

RMBanten.com -  Keamanan - Polda Banten menyiapkan dua pelabuhan yang dioperasikan dalam mengantisipasi penumpukan kendaraan dan strategi Delaying sistem di dua rest area mengahadapi arus mudik lebaran 2023.

Melansir laman tribratanews.banten, Karo Ops Polda Banten Kombes Pol Dedi Suhartono menyampaikan terdapat dua pelabuhan yang dioperasikan dalam mudik tahun ini. yaitu pelabuhan Ciwandan dan pelabuhan Merak.

Dijelaskan Dedi, Pelabuhan Ciwandan pelayanan kendaraan roda dua periode H-7 sampai H-1 dilayani dari Ciwandan – Bakaheuni, periode H-3 sampai H-1 dilayani dari Ciwandan – Panjang, pelayanan Truck Golongan V B periode H-4 sampai H-1 dilayani melalui pelabuhan Ciwandan, pelayanan Truck Golongan VI B periode H-7 sampai H-1 dilayani melalui pelabuhan Ciwandan.

"Untuk pelabuhan Merak khusus kendaraan roda empat dan Bus tujuan Sumatera untun arus mudik dan balik ke pelabuhan Merak, dan untuk Truck Golongan V B periode H-7 sampai H-5 dilayani melalui pelabuhan Merak,” terang Dedi.

Lanjut Dedi guna mengantisipasi pemupukan kendaraan terdapat beberapa jalur alternatif menuju pelabuhan Merak yaitu Jalan Lingkar Selatan menjadi opsi jalur alternatif menuju pelabuhan Merak atau Ciwandan.

Dedi menjelaskan terdapat Strategi Delaying System yang diberlakukan pada 2 rest area.

"Delay System dilakukan di dua rest area yaitu di KM 43 tol Jakarta Merak dan KM 68 serta akan disiapkan Buffer Zone di KM 97. Dan untuk pelabuhan Indah Kiat akan difungsikan sebagai alternatif atau contigency plan jika diperlukan,” demikian tutup Dedi.rajamedia

Komentar: