Banten

Parlemen

Politik

Hukum

Ekbis

Peristiwa

Olahraga

Calon Dewan

Nasional

Dunia

Gaya Hidup

Opini

Jangan Panik! Begini Langkah Yang Dilakukan Jika Terjadi Gempa Bumi

Laporan: RMN
Kamis, 09 Februari 2023 | 08:34 WIB
Kepala BPBD Kota Tangerang, Maryono Hasan/Repro
Kepala BPBD Kota Tangerang, Maryono Hasan/Repro

RMBanten.com, Kota Tangerang - Badan Penanggugan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang memberikan sosialisasi mengenai langkah-langkah responsif menghadapi gempa bumi kepada masyarakat Kota Tangerang.

Sebagai informasi, Indonesia berada di wilayah geografis yang cukup rawan dengan bencana, terutama gempa bumi. Indonesia Berada di wilayah pertemuan lempeng atau yang dikenal dengan istilah ring of fire, sepanjang tahun kemarin, Indonesia sudah mencatat ratusan kasus gempa bumi.

Dilansir dari laman resmi Pemkot Tangerang, Kepala BPBD Kota Tangerang, Maryono Hasan menyampaikan, masyarakat Kota Tangerang perlu membekali diri terhadap wawasan pengetahuan mengenai langkah-langkah untuk menghadapi gempa bumi. Baik yang bersifat antisipatif maupun responsif.

"Wawasan pengetahuan yang dimiliki masyarakat mampu menjadi bekal penting untuk meminimalisir risiko korban dari terjadinya gempa bumi,” ujarnya.

Maryono menjelaskan, terdapat langkah-langkah persiapan yang harus dilakukan masyarakat untuk mengantisipasi diri bila terjadi gempa bumi. Beberapa langkah antisipai tersebut, meliputi:

1. Mengenali lingkungan sekitar, baik rumah atau lokasi kerja. Hal ini diperlukan agar masyarakat mengetahui jalan evakuasi saat gempa bumi terjadi.

2. Mengevaluasi dan merenovasi struktur bangunan. Hal ini diperlukan untuk menciptakan lingkungan hidup yang tahan bencana dan memprioritaskan keamanan.

3. Menata letak benda-benda di sekitar dengan pertimbangan seaman mungkin. Terutama, menghindari benda-benda berat di posisi atas.

4. Menyediakan alat-alat darurat yang diperlukan, seperti P3K, dsb.

Tidak hanya itu, terdapat juga langkah-langkah responsif yang harus diketahui masyarakat ketika gempa bumi terjadi. Beberapa langkah responsif tersebut, meliputi:

1. Berlindung di bawah meja. Hal ini diperlukan untuk menghindari tubuh terkena benda-benda yang berjatuhan.

2. Melindungi kepala dengan beberapa alat. Hal ini bisa dilakukan dengan beberapa alat, seperti helm, bantal, papan, atau kedua tangan dengan posisi terlungkup.

3. Menjauhi gedung dan tiang, atau keluar gedung jika memungkinkan.

4. Berhenti jika berada di dalam kendaraan.

Selain itu, masyarakat juga diimbau untuk aktif berpartisipasi memberikan informasi untuk menghadapi gempa bumi. Terkait kontak pelayanan yang bisa dihubungi, masyarakat diperkenankan memberikan laporan pada aplikasi LAKSA, menelpon darurat ke 112, serta BPBD Kota Tangerang di 021-5582144 yang dibuka selama 24 jam penuh.rajamedia

Komentar: