Banten

Parlemen

Politik

Hukum

Ekbis

Peristiwa

Olahraga

Nasional

Dunia

Gaya Hidup

Opini

Dinsos Serang Ajak Semua Elemen Terlibat Entaskan ODGJ

Laporan: RMN
Jumat, 07 Oktober 2022 | 01:38 WIB
Ilustrasi ODGJ/Net
Ilustrasi ODGJ/Net

RMBanten.com, SerangKab - Semua elemen masyarakat diminta bahu membahu untuk mengentaskan kasus orang dalam gangguan jiwa (ODGJ) di Kabupaten Serang. Mengingat, masyarakat Kabupaten Serang yang mengidap ODGJ terbilang sangat tinggi.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Serang Kabupaten Serang Subur Prianto di sela Peringatan Hari Kesehatan Jiwa Sedunia atau HKJS di Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) Bani Syifa di Kecamatan Cikeusal secara daring bersama Menteri Sosial (Mensos) Republik Indonesia Tri Rismaharini pada Kamis, (6/10).

"Hari ini kita mengikuti acara puncak peringatan kesehatan jiwa sedunia, pada tanggal 10 Oktober, kegiatan ini telah berlangsung 3 hari, Selasa kita laksanakan di Kecamatan Tunjung Teja, kemudian di Rabu di Waringin Kurung, dan hari ini acara puncak dilaksanakan di Bani Syifa Kecamatan Cikeusal,” ujarnya.

Subur menegaskan jika ODGJ ini menjadi tanggung jawab bersama, tidak hanya unsur pemerintah tapi seluruh lapisan masyarakat.

"Saya berharap apabila di tengah-tengah masyarakat terdapat warga yang menjadi ODGJ, agar semua elemen masyarakat bahu membahu bekerjasama untuk menngentaskan berbagai permasalahan ODGJ yang ada di masyarakat wilayah Kabupaten Serang,” ajaknya.

"Intinya kami mengetuk pintu hati semua elemen lapisan masyarakat untuk sama-sama memberikan kepedulian dan perhatian kepada penyandang ODGJ,” tambah Subur.

Dengan digelarnya Peringatana Hari Kesehatan Jiwa Sedunia, sebut Subur sebagai bentuk kepedulian dan perhatian Pemkab Serang kepada warga masyarakat se-Kabupaten Serang yang mengidap ODGJ.

"Kita laksanakan dengan bekerjasama beberoa OPD terkait yaitu dinkes, disdukcapil dan diskominfosatik,” terangnya.

Diketahui berdasarkan data Dinkes Kabupaten Serang tercatat sampai Juli 2022 warga terdata sebagai ODGJ sebanyak 2.142 orang hasil dari pendataan atau melakukan kunjungan rumah dari tim kesehatan kecamatan, puskesmas dibantu oleh Kapolsek dan Koramil.

Ditempat yang sama Kepala Seksi (Kasi) Anak dan Lanjut Usia Bidang Rehabilitas Sosial (Resos) Dinsos Kabupaten Serang Siti Aminah menambahkan, kegiatan peringatan dengan memberikan pelayanan pemeriksaan kesehatan untuk ODGJ, vaksinasi dosis satu, dua, tiga dan booster.

"Vaksin booster untuk yang sudah vaksin lengkap. Pokoknya mau vaksin pertama booster semuanya dikasih,” ujarnya.

Sambung Siti, ada juga pemberian bantuan yang merupakan program Kementerian Sosial (Kemensos) atensi atau asistensi rehabilitasi berupa makanan, sandang, nutrisi, sembako dan juga reunifikasi keluarga yakni pertemuan antara ODGJ yang sudah lama tidak di rumah kemudian dipertemukan dengan keluarganya.rajamedia

Komentar: