Banten

Parlemen

Politik

Hukum

Ekbis

Peristiwa

Olahraga

Nasional

Dunia

Gaya Hidup

Opini

Baznas Bersinergi Kelola Sedekah Konsumen Alfa Group

Laporan: Rizki Ahmad Suhaedi
Selasa, 23 Agustus 2022 | 10:00 WIB
Kerjasama pengelolaan sedekah antara Baznas RI dengan Alfa Group/Repro
Kerjasama pengelolaan sedekah antara Baznas RI dengan Alfa Group/Repro

RMBanten.com, Nasional - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) bersama Alfamart, Alfamidi, Lawson, serta DAN+DAN melakukan kerjasama Pengelolaan sedekah Konsumen.

Kerjasama terebut dalam rangka memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk bersedekah.

Peluncuran program tersebut diselenggarakan di Kantor Baznas, Jakarta, Senin (22/8).

Turut hadir Ketua Baznas RI,  KH. Noor Achmad, Corporate Affairs Director PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk, H. Solihin.

Ketua Baznas RI, KH. Noor Achmad dalam sambutannya mengatakan, kerjasama ini memudahkan masyarakat yang ingin memberikan sedekah kemanusiaan dengan memanfaatkan sisa uang kembalian saat berbelanja di Alfamart, Alfamidi, Lawson, dan DAN+DAN.

"Baznas berkomitmen melahirkan berbagai inovasi dalam memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk membantu sesama, salah satunya melalui program 'Belanja Sambil Sedekah' di seluruh jaringan gerai Alfa Group," ujar Noor Achmad.

"Baznas juga bertanggung jawab penggunaan sedekah konsumen ini akan dimanfaatkan sebaiknya dengan tepat sasaran dan tranparan dengan prinsip 3 aman; aman syari, aman regulasi, aman NKRI," sambungnya.

Noor menambahkan, kerjasama ini diharapkan dapat mendorong meningkatnya pengumpulan sedekah dari para konsumen di Indonesia, sehingga manfaatnya dapat dirasakan  para fakir miskin melalui berbagai bidang kemanusiaan dan pendayagunaan oleh Baznas bekerjasama dengan mitra-mitra terpecaya yang ditunjuk seperti Lazis Muhammadiyah, Lazis NU dan lain-lain.

Sementara, Solihin mengatakan, melalui kerjasama ini yang melibatkan seluruh gerai Alfa Group yang tersebar di Indonesia, tentunya akan memudahkan dan semakin banyak menjangkau masyarakat yang ingin memberikan sedekah kemanusiaan bagi masyarakat yang membutuhkan.

“Kami mengajak pelanggan untuk membantu sesama yang membutuhkan. Melalui program Sedekah Kemanusiaan ini, pelanggan bisa memberikan sebagian uang kembalian saat berbelanja.  Jadi memberikan amal bisa dilakukan dengan mudah di gerai-gerai terdekat Alfa Group," ujar Solihin.

Baznas akan mengelola dan menyalurkan donasi konsumen Alfamart yang dihimpun pada periode 1 September 2022 hingga 31 Desember 2023.

Melalui kerja sama ini, Alfa Group berharap, semakin banyak masyarakat yang bersedia memberikan bantuannya untuk membantu sesama, dan hasilnya bisa memberi manfaat yang besar bagi mereka membutuhkan.

Pimpinan Baznas bidang penghimpunan Rizaludin Kurniawan  menyatakan, bahwa kerjasama dengan Alfa grup ini bagian dari layanan Baznas memperbayak kanal pembayaran zakat, infak sedekah bagi masyarakat.

Sehingga para dermawan akan lebih mudah menunaikan sedekah dan zakatnya.

Adapun  target perolehan dari kerjasama di gerai kasir alfa grup sampai Desember 2023 ini sebesar 30 Milar.

Hal ini  kata Rizal, didapat dari tiga kanal pembayaran yaitu sedekah kembalian komsumen dibawah 499 rupiah, sedekah umum diatas 500 rupiah dan pembayaran zakat, ujarnya.

Rizaludin mengajak, bagi para konsumen Alfa grup tidak perlu ragu, tinggal datangi kasir dan tunaikan sedekah atau bayar zakatnya dengan menyebutkan Baznas.

"Insyaallah semua dana perolehan akan Baznas salurkan sebaik-baiknya dengan tepat sasaran dan akan di audit oleh Kantor Akuntan Publik dan Auditor Syariah  Kementrian Agama," tandasnya.rajamedia

Komentar: