Banten

Parlemen

Politik

Hukum

Ekbis

Peristiwa

Olahraga

Calon Dewan

Nasional

Dunia

Gaya Hidup

Opini

Kasus Gratifikasi dan TPPU, Rafael Alun Divonis 14 Tahun Penjara dan Denda Rp 500 Juta

Laporan: Tim Redaksi
Senin, 08 Januari 2024 | 16:04 WIB
Terdakwa kasus gratifikasi dan TPPU, Rafael Alun. (Foto: Repro)
Terdakwa kasus gratifikasi dan TPPU, Rafael Alun. (Foto: Repro)

RMBanten.com - Hukrim - Rafael Alun Trisambodo, terdakwa kasus gratifikasi dan TPPU divonis hukuman 14 tahun penjara oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Senin (8/7).

Majelis Hakim juga memerintahkan Rafael Alun juga diwajibkan membayar denda Rp 500 Juta.

"Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa Rafael Alun Trisambodo tersebut di atas dengan pidana penjara selama 14 tahun serta denda Rp 500 juta subsider 3 bulan kurungan," ucap Hakim Ketua Suparman Nyompa saat membaca amar putusan.

Selain itu, Majelis hakim juga menjatuhkan hukuman membayar uang pengganti sebesar Rp 10 miliar. Dengan ketentuan apabila terdakwa tidak membayar biaya pengganti dalam waktu 1 bulan setelah putusan berkekuatan hukum tetap maka harta bendanya dapat disita oleh jaksa dan dilelang untuk menutupi uang pengganti tersebut.

"Jika harta benda yang dimiliki tidak mencukupi maka pidana tambahan itu akan diganti dengan hukuman penjara 3 tahun," ujarnya.

Dalam putusannya, Hakim menyatakan Rafael melanggar Pasal 12B juncto Pasal 18 UU Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 ayat 1 KUHP dan Pasal 3 ayat 1a dan c UU Nomor 25 Tahun 2003 tentang Tindak Pidana Pencucian Uang juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP juncto Pasal 64 ayat 1 KUHP dan Pasal 3 UU Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan TPPU.rajamedia

Komentar: