Banten

Parlemen

Politik

Hukum

Ekbis

Peristiwa

Olahraga

Calon Dewan

Nasional

Dunia

Gaya Hidup

Opini

Provinsi Banten Empat Besar Jemaah Haji Terbanyak di Indonesia

Laporan: Iyan Sopian
Kamis, 06 Juni 2024 | 00:20 WIB
Pj Gubernur Banten Al Muktabar saat melepas jemaah haji asal Kabupaten Serang. (Foto: Biro Adpim dan Protokol)
Pj Gubernur Banten Al Muktabar saat melepas jemaah haji asal Kabupaten Serang. (Foto: Biro Adpim dan Protokol)

RMBANTEN.COM - Kabupaten Serang - Jumlah jemaah haji Provinsi Banten pada tahun ini menempati posisi empat terbesar Indonesia. Dalam pelaksanaan ibadah haji, Pemerintah hadir memberikan pelayanan terbaik untuk para jemaah haji.

Pernyataan disampaikan Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar saat pelepasan keberangkatan jemaah Haji kelompok terbang (Kloter) 58 dan 61 Kabupaten Serang di Pendopo Kabupaten Serang, Rabu (5/6).

"Pemerintah hadir, terus mengikhtiarkan hubungan dunia khususnya Arab Saudi untuk meningkatkan kuota jamaah haji. Untuk mempermudah masyarakat melaksanakan ibadah haji.
Pemerintah juga telah mempersiapkan pelayanan sebaik-baiknya kepada para jamaah dalam melaksanakan ibadah haji,” ujar Al Muktabar.

Dikatakan Al Muktabar, ibadah haji merupakan perjalanan ibadah lengkap dalam rangka rukun Islam. Al Muktabar turut mendoakan para jemaah haji meraih haji mabrur dan pulang ke Indonesia dengan selamat.

"Dengan berangkatnya jamaah haji Kabupaten Serang, semoga jamaah haji kita mendapatkan haji yang mabrur. Aamiin. Memancarkan Islam yang rahmatan lil alamin, maslahat bagi bersama. Menjadi teladan bagi keluarga dan lingkungan masyarakat. Kita yakin, para jamaah haji siap lahir dan batin,” harap Al Muktabar.

Apakah besarnya kuota dan antusiasme masyarakat Banten tunaikan ibadah haji mencerminkan kemampuan atau kesejahteraan masyarakat Banten, Al Muktabar tidak menampik bahwa hal itu ada hubungannya dengan tingkat kesejahteraan, lebih dalam lagi pada tingkat kebahagian masyarakat.

"Terlihat dari pergeseran-pergeseran kuota haji dari Provinsi yang tidak menggunakannya, Provinsi Banten memintakan untuk dilimpahkan ke Banten,” ucapnya.

"Provinsi Banten setiap saat siap mengisi kekosongan kuota yang tidak digunakan. Ini bisa mencerminkan kebahagiaan, kesejahteraan, serta tingkat ekonomi yang baik. Kesiapan jamaah haji kita memang benar-benar siap. Setiap saat mereka siap berangkat,” pungkas Al Muktabar.

Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah mengatakan, pada tahun ini Kabupaten Serang diberi tambahan kuota jamaah menjadi 1830 orang. Juga tambahan kuota petugas.

Rata-rata jamaah haji yang berangkat haji tahun ini telah menunggu 12 tahun. Untuk yang baru daftar masa tunggunya hingga 25 tahun.

"Siapkan fisik, suhu di tanah suci saat ini bisa mencapai 40 derajat. Jaga kekompakan dan kebersamaan, serta kesabaran. Kita bertemu dengan saudara muslim dari seluruh dunia dengan latar belakang yang berbeda,” tambah Tatu.

Sebagai informasi, jumlah jamaah haji Kloter 58 dan 61 Kabupaten Serang yang diberangkatkan sebanyak 450 orang.

Sebagai empat besar nasional, kuota jamaah haji Provinsi Banten Tahun 2024 mencapai 10.340 orang, terbagi dalam 27 kloter.
 
Sumber bantenprov.go.idrajamedia

Komentar: