Banten

Parlemen

Politik

Hukum

Ekbis

Peristiwa

Olahraga

Calon Dewan

Nasional

Dunia

Gaya Hidup

Opini

Ada Beasiswa ke Maroko dari PBNU, Segera Cek Syarat dan Cara Daftarnya Dimari

Laporan: Tim Redaksi
Selasa, 14 Mei 2024 | 09:25 WIB
Kantor PBNU. (Foto: Repro)
Kantor PBNU. (Foto: Repro)

RMBANTEN.COM - Beasiswa, Jakarta - Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) membuka pendaftaran program beasiswa santri yang ingin menempuh pendidikan di Maroko

Beasiswa merupakan hasil kerja sama antara PBNU dengan Kementerian Wakaf dan Urusan Agama Islam Kerajaan Maroko di bidang pendidikan.

Ketua Rabithah Ma'ahid Islamiyah (RMI) PBNU, KH Hodri Ariev, mengatakan pendaftaran dibuka kembali dengan beberapa perubahan ketentuan dari persyaratan beasiswa di tahun sebelumnya.

“Pendaftaran kali ini berbeda.  Pendaftaran hanya bisa dilakukan oleh pondok pesantren. Jadi, ketika pondok pesantrennya itu punya izin operasional dan mendapatkan rekomendasi dari PCNU atau RMI PCNU setempat, pesantren itu baru boleh mendaftarkan santri-santrinya,” ujar Kiai Hodri seperti dikutip Kantor Berita RMBanten.com dari laman nu.or.id,  Selasa (14/5).

Diterangkan Kiai Hodri, pada pendaftaran kali ini terdapat tambahan persyaratan untuk calon pelamar beasiswa yakni hafalan Al-Qur’an menjadi 8 juz dan hafalan hifdzul mutun.

Hifdzul mutun di sini kata Kiai Hodri yaitu pemahaman dan hafalan terhadap teks klasik seperti matan Alfiyah Ibnu Malik, Jurumiyah, dan Amrithi, namun hal ini bersifat opsional.

“Untuk persyaratan mungkin ada tambahan, hafalan Al-Qur’an tadinya 7 jadi 8 juz sama hifdzul mutun. Hifdzul mutun maksudnya matan Alfiyah, Jurumiyah, Amrithi, tapi itu opsional,” jelasnya.

Pendaftaran beasiswa ke Maroko ini gratis. Beasiswa mencakup berbagai fasilitas seperti biaya kuliah, biaya tempat tinggal, uang makan, dan uang saku bulanan.

Adapun daftar kampus yang ditawarkan pada program beasiswa Maroko-PBNU tahun 2024-2025 meliputi Universitas Fatimah al Fihriyah (Fes, Maroko), Universitas Al Qadi al Faqih Abdalla ben Said Al Oujdi (Oujda, Maroko), Universitas Imam Nafi (Tanger, Maroko), Universitas Daarul Qur’an Imam Malik (Tetouan, Maroko), Institut Al Hasan Al Yusiy (Sefrou, Maroko), dan Universitas Al Faqih Ar Rohwuni (Kenitra).

Tahapan seleksi

Pendaftaran dibuka secara online melalui laman https://beasiswa.nu.or.id/maroko tanggal 13 Mei sampai dengan 21 Mei 2024. Selanjutnya, verifikasi berkas berlangsung 21 Mei hingga 23 Mei 2024.

Peserta yang dinyatakan lolos pada tahap seleksi administrasi wajib mengikuti seleksi ujian lisan dan wawancara 29 Mei 2024. Kemudian, pengumuman kelulusan tahap 1 dijadwalkan pada 1 Juni 2024.

Selanjutnya, pada 2-20 Juni 2024 akan dilakukan pengiriman berkas peserta yang lolos tahap tes seleksi ke Maroko. Berikutnya, peserta lolos akan menjalankan program inkubasi pada 1-31 Juli 2024 sebelum melakukan ujian Muqobalah oleh Wizarotul Awqaf.

Persyaratan pendaftaran:

1. Pendaftaran dilakukan oleh pondok pesantren
2. Ijazah Madrasah Diniyah Formal Ulya, pendidikan Muadalah Ulya/MA Keagamaan/sederajat atau surat keterangan lulus.
3. Berumur 18-25  tahun
4. Syahadah hafal Al Qur'an 30 juz atau minimal 8 juz (16 Hizb)
5. Syahadah hafalan Mutun (optional)
6. Surat rekomendasi dari PCNU atau RMI-PCNU setempat
7. Menandatangani surat pernyataan bersedia mengabdi kepada NU (Format bisa diunduh di link pendafataran ini)
8. Bersedia mengikuti tahapan seleksi dan segala ketentuan yang berlaku.

Dokumen yang perlu disiapkan calon penerima beasiswai:
 

1. Ijazah SMA/MA/Sederajat atau surat keterangan lulus
2. Transkrip nilai SMA/MA/Sederajat
3. Kartu Tanda Penduduk (KTP)
4. Bukti syahadah hafalan Al-Qur’an
5. Bukti syahadah hafalan mutun (optional)
6. Surat pernyataan bersedia mengabdi kepada NU
 
Selanjutnya untuk informasi lengkapnya, calon pelamar beasiswa bisa menghubungi narahubung di nomor berikut: 085280451421.rajamedia

Komentar: