Banten

Parlemen

Politik

Hukum

Ekbis

Peristiwa

Olahraga

Calon Dewan

Nasional

Dunia

Gaya Hidup

Opini

UIN Jakarta Bersiap Luncurkan Program Doktor KPI, Yuk Kita Kepoin!

Laporan: Iyan Sopian
Rabu, 17 Januari 2024 | 08:01 WIB
Rapat persiapan pembentukan Program Studi Doktoral Komunikasi dan Penyiaran Islam (DKPI). (Foto: Ist)
Rapat persiapan pembentukan Program Studi Doktoral Komunikasi dan Penyiaran Islam (DKPI). (Foto: Ist)

RMBanten.com - Jakarta -  Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menggelar rapat perdana dan diskusi membahas pembentukan Program Studi Doktoral Komunikasi dan Penyiaran Islam (DKPI) , Selasa (16/1).

KaProdi S2 KPI dan juga Tim Persiapan S3 KPI Dr Tantan Hemansah mengatakan program doktoral sangat strategis, mengingat UIN Jakarta sebagai pelopor perguruan tinggi keagamaan Islam yang telah menghasilkan ribuan Doktor yang tersebar di Indonesia dan luar negeri.

Menurut Tantan, alumni tingkat doktor dari UIN Jakarta telah memberikan kontribusi yang signifikan dalam wacana keislaman, keindonesiaan, dan modernisasi.

"Salah satu dampaknya adalah peningkatan reputasi riset dan kualitas lembaga pendidikan tinggi keagamaan maupun non-keagamaan di Indonesia," ujar Tantan.

Dari segi keilmuan, kata Tantan, kehadiran Program Doktor KPI di lingkungan UIN Jakarta, meski bukan yang pertama di Indonesia, bisa memberikan warna baru pada studi dan riset tentang komunikasi dan penyiaran Islam di tingkat nasional dan internasional.

Lebih lanjut, terang Tantan, secara kelembagaan, UIN Jakarta telah memiliki Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam tingkat sarjana yang peminatnya sangat tinggi, bahkan dapat menjadi salah satu jurusan terfavorit di tingkat Jakarta.

Selain itu, program Magister Komunikasi dan Penyiaran Islam (strata 2) juga telah menjadi sorotan dengan animo yang besar dari para calon mahasiswa setiap tahunnya.

"Keberlanjutan program ini diharapkan dapat memberikan peluang bagi mereka yang telah menyelesaikan tingkat sarjana atau magister untuk melanjutkan studi ke tingkat doktoral," ujar Tantan.

Dalam forum perdana ini, Guru Besar Ilmu Komunikasi UIN Jakarta, Profesor Doktor Andi Faisal Bakti, bersama dengan Guru Besar Sejarah Ilmu Dakwah Profesor Murodi, serta dan jajaran Dekanat serta tim panitia pembentukan Prodi S3, turut menjelaskan urgensi dan tujuan dari program Doktoral.

Wahyu Prasetiawan, salah satu anggota tim pembentukan Prodi S3, menyoroti aspek kelembagaan dan kekuatan dari program ini.

Sementara Dekan Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi, Gun Gun Heryanto, menekankan bahwa kehadiran Program Doktor KPI akan memberikan warna baru pada studi komunikasi dan penyiaran Islam, terutama dalam studi Islamic Media and Communication.

"Dengan langkah ini, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Jakarta siap meluncurkan Program Studi Doktoral Komunikasi dan Penyiaran Islam guna memperkuat kelembagaan dan memberikan kontribusi positif pada perkembangan studi Islam di Indonesia dan dunia," demikian tutup Gungun.rajamedia

Komentar: