Banten

Parlemen

Politik

Hukum

Ekbis

Peristiwa

Olahraga

Calon Dewan

Nasional

Dunia

Gaya Hidup

Opini

Al Muktabar: Punya Modal Kesejarahan, Pemprov Banten Terus Kembangkan Ekonomi Syariah

Laporan: CAREP-01
Kamis, 21 September 2023 | 08:17 WIB
Pemprov Banten komitmen terus mengembangkan ekosistem keuangan dan ekonomi syariah. (Foto: Dok Pemprov)
Pemprov Banten komitmen terus mengembangkan ekosistem keuangan dan ekonomi syariah. (Foto: Dok Pemprov)

RMBanten.com - Serang - Komitmen  mengembangkan ekosistem ekonomi dan keuangan syariah terus digalakan Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar.

Menurutnya, di Provinsi Banten kedua sektor itu sudah berkembang sejak masa Kesultanan Banten.

Dengan modal kesejarahan itu, Al Muktabar yakin pengembangan keuangan dan ekonomi syariah bisa kembali berjaya di Provinsi Banten, terlebih sampai saat ini mayoritas masyarakat Banten masih kental akan religiusitasnya.

Pernyataan itu disampaikan Al Muktabar seusai menghadiri Studium General UIN SMH Banten Semester Ganjil Tahun Akademik 2023/2024 dan bedah buku Penjaminan Pembiayaan Syariah, Penguatan UMKM Melalui Pinjaman Syariah karya Siti Ma’rifah Ma’ruf Amin di Multifunction Hall Kampus 2 UIN SMH Banten Curug, Kota Serang, Rabu (20/9).

Dijelaskan Al Muktabar, salah satu ekosistem keuangan dan ekonomi syariah yang sudah dimiliki Pemprov Banten adalah kawasan industri halal.

Sektor ini akan terus dikembangkan untuk kesejahteraan masyarakat Banten yang religius.

"Beberapa waktu lalu saya berkesempatan menyambut kedatangan Bapak Wapres Ma’ruf Amin dari Kunjungan Kerja (Kunker) ke tiga kota di Tiongkok selama enam hari di Bandara Soetta,” ujar Al Muktabar.

Lanjut Al Muktabar, dirinya berkesempatan berbincang cukup inten dengan Wapres KH Ma’ruf Amin kaitannya dengan hubungan kerja sama Indonesia dengan Tiongkok, terkhusus pada pengembangan industri produk halal.

"Banten merupakan bagian dari yang memungkinkan untuk menindaklanjuti pengembangan ekosistem keuangan dan ekonomi syariah yang berskala internasional,” demikian tutup Al Muktabar melansir laman bantenprov.go.id.rajamedia

Komentar: