Banten

Parlemen

Politik

Hukum

Ekbis

Peristiwa

Olahraga

Calon Dewan

Nasional

Dunia

Gaya Hidup

Opini

Pamit Pimpin Jateng, Ganjar: Jenengan Semua Adalah Bagian dari Saya

Laporan: Lani Fahrudin
Rabu, 06 September 2023 | 16:17 WIB
Perpisahan Ganjar Pranowo di akhir masa jabatannya sebagai Gubernur Jawa Tengah. (Foto: jatengprov.go.id)
Perpisahan Ganjar Pranowo di akhir masa jabatannya sebagai Gubernur Jawa Tengah. (Foto: jatengprov.go.id)

RMBanten.com, Jateng - Ganjar Pranowo-Taj Yasin Maimoen resmi meletakan jabatannya sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah.

Pamitan Ganjar pun digelar dalam acara bertajuk 'Terima Kasih Jawa Tengah' yang dipadati ribuan orang di Kantor Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Jalan Pahlawan, Semarang, Jateng, Rabu (5/9).

Ganjar pun, menegaskan, pengalamannya memimpin Jateng tak akan pernah bisa dilupakan. 

"Rasanya sepuluh tahun itu baru kemarin. Masih ada di ingatan saya berseliweran petani yang saya temui di sawah. Mereka bekerja luar biasa. Masih ingat ketika saya datang ke sekolah lewat Gubernur Mengajar, bertemu dengan guru-guru yang sungguh-sungguh serius mengajarkan anak-anak kita, termasuk juga budi pekerti," tutur Ganjar. 

Ganjar juga masih mengingat orang-orang kecil yang ia temui sepanjang memimpin Jateng, termasuk para pengamen hingga penyapu jalanan di seputar kantor gubernur. 

"Semua berjalan dalam sepuluh tahun yang luar biasa. Rasa-rasanya sore ini berat buat saya karena jenengan semua adalah bagian dari saya dan saya adalah bagian dari panjenengan," kata politikus PDI-Perjuangan itu. 

Ganjar bercerita perjalanannnya meniti karier sebagai Gubernur tak selalu mulus. Saat berpasangan dengan Heru Sudjatmoko pada periode 2013-2018, ia rutin dibanjiri kritik dan protes dari warga. Begitu pula saat berpasangan dengan Taj Yasin pada periode 2018-2023.

"Saya tidak pernah berduka ketika mendapatkan cacian atau makian karena itu adalah energi saya. Di pintu gerbang itu, sering kali kawan-kawan aktivis, mahasiswa, kawan-kawan buruh, mereka protes. Kadang-kadang pagarnya juga roboh. Itu pun kami terima dengan riang gembira karena kalian masyarakat semua adalah tuanku," tutur Ganjar. 

Ganjar berharap, program-program positif yang telah dibangun Pemprov Jateng bisa dilanjutkan oleh penerusnya. Khusus untuk warga Jateng, ia berharap pintu silaturahmi tetap terbuka. 

"Bahwa saya, kulo, sederek'e panjenengan (saya saudara Anda). Bahwa kita semuanya bersaudara dan kelak kemudian kita akan berjumpa di suasana yang selalu bersemangat dan kita akan selalu saling melangkahkan kaki bersama," tandas Ganjar.rajamedia

Komentar: