Banten

Parlemen

Politik

Hukum

Ekbis

Peristiwa

Olahraga

Calon Dewan

Nasional

Dunia

Gaya Hidup

Opini

Lepas Kontingen Provinsi Banten di Ajang Peparpenas X, Ini Pesan Al Muktabar

Laporan: RMN
Jumat, 28 Juli 2023 | 17:32 WIB
Atlet Kontingen Provinsi Banten yang akan berlaga di ajang Peparpenas X di Palembang. ( Foto: Pemprov)
Atlet Kontingen Provinsi Banten yang akan berlaga di ajang Peparpenas X di Palembang. ( Foto: Pemprov)

RMBanten.com -  Serang -  Kontingen Provinsi Banten yang akan berlaga di Pekan Paralimpik Pelajar Na­sional (Peparpenas) X tahun 2023 di Palembang, Sumatera Selatan dilepas Penjabat (Pj) Gu­bernur Banten Al Muktabar di Pendopo Gubernur Banten KP3B, Kota Serang. Jum’at (28/7).

Dalam sambutannya, Al Muktabar meminta para atlet paralimpik pelajar Banten terus memegang teguh pada kata bahwa, hambatan bukan halangan. Sehingga para atlet bisa menjadikan hambatan menjadi sebuah peluang untuk terus berprestasi.

"Hambatan bukan sebuah halangan. Pada dasarnya kita semua memiliki kelebihan dan kekurangan. Tentunya kita perlu upaya maksimal untuk mengubah semua itu menjadi hal yang bernilai positif,” ujar Al Muktabar.

Menurut Al Muktabar, peluang yang terus dimaksimalkan ini merupakan proses yang mengedepankan sistem nilai dalam pencapaiannya.

Al Muktabar juga berharap para atlet paralimpik pelajar tidak hanya sekedar mengikuti pekan olahraga saja namun bisa mengedepankan nilai persahabatan dan komunikasi yang tinggi.

“Dan itu sebagai representasi Provinsi Banten. Yang mana kita terkenal dalam menjunjung nilai-nilai positif yang mengedepankan sportivitas serta komunikasi karena olahraga pada dasarnya bentuk dari semua itu dan mari itu kita perlihatkan pada kegiatan ini,” ujarnya.

Sementara, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Ahmad Syaukani menyampaikan kegiatan Pekan Paralimpik Pelajar Nasional (Peparpenas) ini merupakan satu upaya memberikan ruang untuk para pelajar disabilitas dalam mendapatkan kesempatan yang sama dengan pelajar yang normal seusianya.

"Melalui kegiatan ini juga kita memberikan upaya peningkatan peran serta para pemuda-pemudi disabilitas dalam pembangunan Nasional,” ungkapnya.

Ia melaporkan Kontingen Provinsi Banten pada pekan olahraga ini berjumlah 46 orang yang terdiri dari 20 orang Atlet, 16 orang pelatih, 8 orang official, 2 orang petugas medis dan 2 orang tim Aju.

Oni juga menyampaikan, 20 Orang Atlet yang berpartisipasi dalam Pekan Olahraga Paralimpik Pelajar Nasional (Peparpenas) tahun 2023 ini terdiri  dari perwakilan siswa/siswi Sekolah Luar Biasa (SLB) Se-Provinsi Banten.

Dimana para atlet ini juga merupakan para juara dari kejuaraan Pekan Paralimpik Pelajar Daerah (Peparpeda) se-Provinsi Banten yang telah dilaksanakan sebelumnya.

"Dari kejuaraan itu, para juara kita bina. Apabila usianya memenuhi syarat kita akan kirim ke tingkat nasional seperti sekarang ini,” jelasnya.

Adapun cabang olahraga yang diikuti oleh Kontingen Provinsi Banten sebanyak 6 cabang olahraga yang terdiri dari Atletik (8 orang), Bulu Tangkis (1 Orang), Catur (2 Orang), Renang (3 Orang), Tenis Meja (3 Orang) dan Bocia (3 Orang). Dimana, Peparpenas ini dilaksanakan mulai tanggal 29 Juli - 5 Agustus 2023 mendatangrajamedia

Komentar: