Banten

Parlemen

Politik

Hukum

Ekbis

Peristiwa

Olahraga

Calon Dewan

Nasional

Dunia

Gaya Hidup

Opini

Tingkatkan Status Kabupaten Layak Anak, Ini Langkah DKBP3A Kabupaten Serang

Laporan: RMN
Rabu, 07 Juni 2023 | 09:11 WIB
DKBP3A Kabupaten Serang terus berupaya meningkatkan status Kabupaten Layak Anak (KLA). (Foto: Dok Pemkab)
DKBP3A Kabupaten Serang terus berupaya meningkatkan status Kabupaten Layak Anak (KLA). (Foto: Dok Pemkab)

RMBanten.com - Serang - Dinas Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKBP3A) Kabupaten Serang terus berupaya untuk meningkatkan status Kabupaten Layak Anak (KLA).

Dari mulanya peringkat pratama, kini sudah berada pada peringkat madya. Kemudian tahun ini, DKBP3A menargetkan Kabupaten Serang masuk peringkat nindya.

Kepala DKBP3A Kabupaten Serang Tarkul Wasyit mengatakan, pihaknya sudah mulai berproses untuk melakukan penilaian mandiri. Rapat koordinasi dengan semua ketua gugus dan kluster untuk persiapan penilaian mandiri pun sudah dilakukan.
    
"Masing-masing OPD sudah melakukan input untuk penilaian mandiri, baru nanti ada verifikasi dari pusat,” katanya.

Lebih lanjut kata Tarkul, dalam peningkatan KLA ini, tentu banyak yang harus disiapkan terkait pemenuhan hak-hak anak. Tarkul, mengaku sudah mempersiapkan semuanya sehingga penilaian mandiri dapat dilakukan.

Menurut Tarkul, KLA merupakan kabupaten yang mempunyai sistem pembangunan berbasis hak anak melalui pengintegrasian komitmen dan sumber daya pemerintah, masyarakat dan dunia usaha, yang terencana secara menyeluruh dan berkelanjutan dalam kebijakan, program dan kegiatan untuk menjamin terpenuhinya hak dan perlindungan anak.

"Program ini bertujuan untuk memenuhi hak dan melindungi anak. Banyak komponen dari KLA ini mulai dari regulasi, arah kebijakan, hingga sarana prasarana yang mendukung hak anak," ujar Tarkul.

Tarkul mengatakan, dalam menjalankan KLA pihaknya membangun sinergi dengan OPD dan instansi lainnya di Kabupaten Serang. Sehingga, KLA ini merupakan tanggungjawab bersama.

"Alhamdulillah kolaborasi kita terus berjalan,” pungkasnya. (adv)rajamedia

Komentar: