Banten

Parlemen

Politik

Hukum

Ekbis

Peristiwa

Olahraga

Calon Dewan

Nasional

Dunia

Gaya Hidup

Opini

Kunjungi Pusdiklat Kemenag, Mahasiswa UIN Jakarta Belajar Manajemen Kediklatan

Laporan: CAREP-01
Selasa, 30 Mei 2023 | 09:37 WIB
Kunjungan mahasiswa UIN Jakarta ke Pusdiklat Kemenag belajar manajemen kediklatan. (Foto: Dok Kemenag)
Kunjungan mahasiswa UIN Jakarta ke Pusdiklat Kemenag belajar manajemen kediklatan. (Foto: Dok Kemenag)

RMBanten.com -  Ciputat - Program Studi Manajemen Pendidikan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta melakukan kunjungan ke Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan Kementerian Agama RI, Senin (29/5).

Dalam kunjungan itu hadir sekitar 120 mahasiswa. Kehadiran mereka untuk mengetahui lebih jauh tentang manajemen pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) melalui pelatihan.

Dosen pengampu manajemen pendidikan yang membersamai mahasiswa, Mahsusi, mengungkapkan,para mahasiswa ini perlu diberikan informasi tentang pengembangan SDM di luar perguruan tinggi, utamanya melalui pelatihan.

"Mahasiswa Manajemen Pendidikan ini perlu mendapatkan pengetahuan seputar lembaga kepelatihan di lingkungan pemerintah, apa pelatihan-pelatihan yang sedang menjadi trend, program-program terbarunya, desain kurikulumnya, juga metodenya," ujarnya.

Menurut Mahsusi, mahasiswa dan juga para dosen harus mendapatkan pengalaman langsung di lapangan mengenai pengembangan SDM.

"Pasca Covid-19 telah banyak hal yang berubah dalam pengembangan SDM, karenanya para mahasiswa ini saya ajak ke Pusdiklat agar mereka mengetahui bagaimana Pusdiklat mengembangkan SDM pasca Covid-19 ini," ujarnya.

Sementara, Kepala Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan, Mastuki menyambut baik kedatangan para mahasiswa Manajemen Pendidikan ke kampus Pusdiklat.

Menurutnya, kedatangan mahasiswa ini merupakan langkah yang baik karena sejak dini bisa membekali mahasiswa tentang hal-hal yang akan mereka hadapi di lapangan nanti.

"Selamat datang di Pusdiklat. Kita menyambut baik kedatangan adek-adek mahasiswa yang ingin mengetahui pengembangan SDM melalui pelatihan," terangnya.

Lebih lanjut, Mastuki menuturkan, bahwa saat ini Pusdiklat Teknis tengah mengembangkan pelatihan berbasis teknologi.

"Ada dua teknologi yang sedang kita kembangkan, yaitu MOOC (Massive Open Online Corse) Pintar untuk pengembangan SDM belajar mandiri, dan Digital Smart Classroom untuk pelatihan tatap muka dengan pendekatan teknologi," ujarnya.

Kata Mastuki, pasca Covid-19 ini pembelajaran telah berubah, dan trend-nya telah beralih ke digital.

"Para mahasiswa yang tertarik untuk mendalami pembelajaran berbasis teknologi, untuk magang di Pusdiklat, sila bergabung. Karena ke depan Pusdiklat juga akan mengembangkan pelatihan berbasis capaian pembelajaran pada mata pelajaran, dan ini membutuhkaneffort yang sangat besar," demikian tutup Mastuki melansir laman Kemenag.rajamedia

Komentar: