Banten

Parlemen

Politik

Hukum

Ekbis

Peristiwa

Olahraga

Calon Dewan

Nasional

Dunia

Gaya Hidup

Opini

Hadiri Karnaval Di Yogyakarta, Al Muktabar: Banten Siap Implementasikan Merdeka Belajar

Laporan: CAREP-03
Senin, 29 Mei 2023 | 19:00 WIB
Pj Gubernur Banten Al Muktabar bersama Menteri Pendidikan Nadiem Makarin saat menghadiri Karnaval Merdeka Belajar di Yogyakarta. (Foto: Dok Pemprov)
Pj Gubernur Banten Al Muktabar bersama Menteri Pendidikan Nadiem Makarin saat menghadiri Karnaval Merdeka Belajar di Yogyakarta. (Foto: Dok Pemprov)

RMBanten.com -  Yogyakarta - Provinsi Banten akan mengimplementasikan konsep Merdeka Belajar seutuhnya. Merdeka Belajar adalah suatu metode untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di Provinsi Banten dan Indonesia.

Demikian disampaikan Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar usai menghadiri  Karnaval Merdeka Belajar, di Titik Nol Jl. Malioboro, Yogyakarta, Minggu malam (28/5).

Al Muktabar berpendapat, penting sekali menggiatkan Merdeka Belajar. Untuk itu pihaknya berharap, butuh pemandu secara teknis dalam mengimplementasikan Merdeka Belajar.

Pada prinsipnya, menurut Al Muktabar, Provinsi Banten siap implementasikan Merdeka Belajar tersebut. Bahkan, pihaknya sudah menyediakan anggaran yang cukup untuk peningkatan kualitas SDM di Provinsi Banten.

"Karena peningkatan SDM juga  adalah visi dan misi Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia," ujarnya.

Ditegaskan Al Muktabar, peningkatan kualitas SDM penting sekali karena merupakan peta jalan untuk menuju kesuksesan.

"Apapun agenda kerja ke depan pendidikan adalah sangat mendasar untuk disiapkan," ujarnya.

Menurut Al Muktabar banyak negara-negara tidak memiliki Sumber Daya Alam (SDM) yang memadai. Namun, karena memiliki kualitas SDM yang baik maka memiliki tingkat kesejahteraan masyarakat yang tinggi.

"Kita memiliki segala macam sumber daya alam. Kita tinggal mendorong peningkatan kualitas SDM. Maka dengan SDM yang baik, SDA yang melimpah ini akan bisa dikelola dengan semaksimal mungkin dan kita akan menjadi tuan di negeri sendiri," demikian Al Muktabar dilansir dari laman bantenprov.go.id.

Sebagai informasi, Karnaval Merdeka Belajar diselenggarakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Karnaval Merdeka Belajar adalah upaya bersama mengembangkan kemerdekaan belajar di Indonesia.

Karnaval Merdeka Belajar merupakan Pagelaran Budaya yang digelar dalam Puncak Peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun 2023.

Pagelaran Budaya tersebut  menampilkan cerita perkembangan pendidikan di Indonesia yang disajikan antara lain melalui gending, nyanyian dan permainan anak yang syarat mengandung pesan pendidikan.rajamedia

Komentar: